Bank bjb Bersama Satgas Saber Pungli Menggelar Sosialisasi Terkait Transparansi Keuangan Daerah

0
1

DAELPOS.com – Dalam rangka mendukung program pemerintah guna mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah yang tertib, efektif dan efisien, bank bjb bersama Satgas Saber Pungli menggelar sosialisasi terkait transparansi keuangan daerah dan implementasi transaksi non tunai di Hotel Four Points by Sheraton Bandung, Jumat (6/12/2019). Sosialisai tersebut dilakukan seturut Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor Nomor 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Dalam sosialisasi tersebut, bank bjb memaparkan peran yang dimainkan perseroan dalam mendukung transparansi pengelolaan keuangan daerah. Langkah nyata bank bjb terhadap himbauan pemerintah itu dilakukan melalui penyediaan aplikasi Internet Banking Corporate (IBC) yang dimiliki bank bjb yakni bjb iBanking Corporate bagi nasabah institusi. bjb iBanking Corporate merupakan aplikasi internet banking untuk nasabah institusi di mana nasabah dapat secara mandiri melakukan transaksi non tunai keuangan kapan saja. Dalam konteks lembaga pemerintahan, pemanfaatan IBC ini bersangkut paut dengan tugas kebendaharaan.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menuturkan bank bjb memiliki komitmen kuat untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak guna menciptakan ekosistem pengelolaan keuangan yang efisien, transparan dan akuntabel dan tentunya akan meminimalisir terjadinya pungutan liar sesuai dengan yang arahan Satgas Saber Pungli (Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar) yang turut hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut. bjb iBanking Corporate merupakan hasil inovasi yang dilakukan perseroan guna mengimplementasikan hal tersebut.

“Pada dasarnya bank bjb senantiasa bersetia menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan visi dan misinya. Sebagai bank daerah yang berstatus regional champion, bank bjb selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para mitra dengan merespons berbagai kebutuhan dalam menunjang implementasi dari program-program pemerintah yang bertujuan demi kemajuan,” kata Yuddy.

Pemerintah daerah di Jawa Barat sendiri telah mengimplementasikan pola transaksi non tunai baik yang bersifat penerimaan maupun pengeluaran. Di sisi lain, bank bjb sendiri sudah dipercaya sebagai bank yang melaksanakan implementasi seluruh transaksi non tunai di lingkungan pemerintah daerah Jawa Barat. bjb iBanking Corporate, kata Yuddy, akan membuat pengelolaan keuangan daerah semakin transparan dan akuntabel. Dengan bjb iBanking Corporate, transaksi pengeluaran dan pemasukan menjadi lebih mudah karena tak lagi menggunakan pembayaran tunai serta efektif lantaran bisa dilakukankapan saja dan di mana saja.

Layanan ini juga memiliki sistem monitoring yang mempermudah pengguna dalam pengawasan transaksi institusi. Sistem IBC bank bjb juga memberi kemudahan dalam pelaporan & rekonsiliasi data/rekening. Dari segi keamanan, bjb iBanking Corporate dilengkapi sistem otoritas bertingkat sehingga lebih terjamin. Selain pemaparan bjb iBanking Corporate, bank bjb juga turut mensosialisasikan produk bjb KGB dan KPPB pada kesempatan itu. Sinergi dengan para mitra yang telah terjalin selama ini akan senantiasa dilakukan demi mempererat ikatan hubungan dan bahu membahu menggapai visi bertumbuh dan berkembang bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here