Bantu UMKM Lokal Bangkit, Rumah BUMN Purbalingga Gelar Bazar Online

 DAELPOS.com – Meski masih berada di masa pandemi Covid-19, upaya PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan untuk mempromosikan produk UMKM binaanya terus berjalan. Sejumlah pameran UMKM online terus di gelar. Seperti Bazar UMKM Online yang digelar Rumah BUMN (RB) Purbalingga pada tanggal 9 – 11 Oktober 2020 lalu.

Produk yang ditawarkan cukup bervariatif. Terdapat tiga kategori produk. Di antaranya produk kuliner, baik kuliner khas Purbalingga maupun kuliner olahan lain yang di buat UMKM RB Purbalingga. Selanjutnya ada kategori fashion, seperti batik, sepatu, sendal maupun produk lain. Terakhir yakni produk handycraft atau kerajinan tangan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, bazar UMKM online yang digelar RB Purbalingga merupakan kali pertama di wilayah Purbalingga. ”Kesuksesan pameran virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2020 menjadi kiblatnya. Banyak UMKM merasa terbantu atas pameran tersebut karena membantu menormalkan pemasarannya,” katanya.

Fajriyah menjelaskan, konsep bazar online RB Purbalingga ini sedikit berbeda dengan Pertamina SMEXPO. Bazar tersebut diikuti sebanyak 15 UMKM binaan. Mereka berpartisipasi selama tiga hari dengan pembagian lima UMKM setiap harinya. ”Masing-masing UMKM diberikan durasi maksimal 30 menit untuk mempromosikan produknya,” imbuhnya. 

Untuk medianya, promosi produk UMKM tersebut dibantu oleh para influencer lokal di Purbalingga. Kemudian disiarkan secara bersamaan (live) di sejumlah platform media sosial. Di antaranya akun FB, IG, dan Youtube RB Purbalingga (@rumahbumn.purbalingga). Selanjutnya satu akun FB, 2 akun IG, dan 4 kanal Youtube milik influencer lokal. Dan terakhir tentunya akun media sosial milik UMKM yang berpartisipasi.

“Bazar online ini cukup menarik perhatian banyak pihak. Tidak hanya warga Purbalingga sendiri, melainkan juga luar kota. Bagi yang ketinggalan dan ingin ikut acara tersebut, bisa ikut kembali pada bulan November 2020. Informasi lebih lanjut melalui media sosial @rumahbumn.purbalingga,” tuturnya.

RB Purbalingga, lanjut Fajriyah, memberikan sejumlah kemudahan dalam bertransaksi. Bagi masyarakat di sekitar Purbalingga, pembelian dan pengiriman produk dapat dilakukan secara langsung atau Cash on Delivery (COD). Sedangkan bagi pembeli di luar kota atau yang tidak ingin repot keluar rumah, pengiriman dapat dilakukan menggunakan jasa Kantor Pos Indonesia.

Fajriyah mengajak seluruh masyarakat umum dapat mengikuti acara tersebut. Sebab, melalui bazar online UMKM itu, dapat membantu UMKM untuk mampu bertahan dan survive di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu juga turut membantu perputaran roda perekonomian baik untuk UMKM itu sendiri maupun para pekerja yang berada di bawah UMKM tersebut.

Fajriyah mengatakan, upaya ini merupakan bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. “Di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutupnya.

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Pamerkan Busana Rancangan di Kaki Eiffel, Mitra Binaan Pertamina Ini Juga Aktif Galang Donasi untuk Perajin Batik

Read Next

Jargas Tahap Kedua Mengalir, Warga Kukar yang Nikmati Manfaat Jargas Bertambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *