Kewajiban Pemerintah Menghadirkan Kesehatan Berkualitas bagi Rakyat

Oleh @mardanialisera

DAELPOS.com – Investasi  kesehatan merupakan investasi kepada bangsa agar bangsa ini sehat dan berumur panjang. Disinilah fungsi negara dan  wajib dilakukan di tengah situasi yang tidak menentu ini. Mengingat kesehatan masyarakat merupakan salah satu pondasi pembentuk kesejahteraan

Vaksinasi yang menurut rencana akan dilakukan tahun ini merupakan bagian intervensi kesehatan yang prinsipnya harus membuat bangsa ini sehat dan berumur panjang. Tidak ada pilihan, vaksin harus dibuktikan dengan penelitian seperti  tahap 1-3 yang terbukti aman.

Kemudian ITAGI dan BPOM perlu terlibat dan bebas dari intervensi. ITAGI memberikan rekomendasi ysng benar, BPOM mereviewnya sehingga betul-betul  keputusan yang dibuat berbasis data, bukan berbasis opini maupun politik. Jelas bahwa vaksin ini harus manjur dan bisa menimbulkan antibody yang tahan lama.

Namun yang perlu digaris bawahi, Negara jangan hanya mengandalkan vaksin, tapi harus berusaha keras agar rakyat minimal menerapkan protokol hidup sehat sebagai suatu kebiasaan. Jika belum kuat, patut dipertanyakan dimana  intervensi  kita apakah sudah seserius itu?

Kemudian diiringi dengan  law enforcement dalam  penegakan disiplin protokol  kesehatan dan  anggaran yang pro kesehatan. Perlu diingat, vaksin itu butuh waktu dan timbulnya antibody juga memerlukan waktu. Karena itu perilaku hidup sehat tidak bisa ditawar

Terakhir, ada satu hal sbnrnya yg patut disayangkan. Kita belum  memperkuat Puskesmas yang kita miliki, tersebar di 9000an kecamatan dengan  jumlah mencapai 10.166. Seharusnya Covid-19 mengajarkan kepada  kita bagaimana melakukan transformasi  dan  reformasi kesehatan serta penguatan pelayanan kesehatan dasar.

Karena jika pelayanan kesehatan dasar nya kurang kuat, program apapun yang diturunkan akan lama sekali sampai ke masyarakat. Program Vaksinasi akan lama jika semuanya dilaksanakan tingkat kabupaten, mutlak perlu diperkuat dengan sebaik-baik nya.

Follow kami di social media

prayit

Read Previous

Kakorlantas: Puncak Arus Balik Libur Nataru Lancar, Tak Ada Kejadian Menonjol

Read Next

Kemenag Kembali Buka Pendaftaran Seleksi Nasional MAN pada 11 Januari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *