Resmi Jadi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo: Tampilkan Polri Yang Tegas Dan Humanis

0
6
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo / Ist

DAELPOS.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021.
“Kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri, yakni bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, dan bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan. Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,”

Komitmen tersebut akan ditindaklanjutinya dengan menjalankan program transformasi di empat bidang dan melaksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan. Program dan rencana aksi tersebut telah disampaikan Listyo Sigit saat uji kepatutan dan kelayakan di hadapan Komisi III DPR RI.

Dalam pernyataannya, Kapolri juga menegaskan, di bawah kepemimpinannya Polri akan terus melakukan upaya penegakan hukum sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi COVID-19 di mana keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi.

Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, 5 Mei 1969. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Sebelum dilantik sebagai Kapolri, yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sejak 6 Desember 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Listyo turut mendapat kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri berdasarkan Keppres Nomor 7/POLRI Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 27 Januari 2021. Melalui Keppres tersebut, Listyo memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal Polisi. Selanjutnya, Listyo akan langsung bertugas sebagai Kapolri untuk menggantikan Kapolri sebelumnya, Jenderal Pol. Idham Azis, yang memasuki masa pensiun.

“Kami ucapkan terima kasih atas seluruh dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior, dan juga tentunya seluruh anggota Polri di manapun berada, atas terlaksananya kegiatan pelantikan hari ini,” ujar Kapolri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here