Virus Corona Varian Baru Sudah Menyebar di 13 Negara

DAELPOS.com – Varian baru virus corona sudah menyebar di 12 negara lain, tak hanya inggris termasuk Amerika Serikat dan Nigeria. Sehingga total ada 13 negara yang sudah terdeteksi varian baru virus corona.

Hal ini berhasil disimpulkan oleh para peneliti dari University of Edinburgh, yang mengkhawatirkan varian ini bermutasi menjadi E484K tidak bisa dilawan oleh vaksin.

Profesor Mikrobiologi University of Reading, Simon Clarke bahwa mutasi E484K yang ditemukan di Afrika Selatan tetap bisa bertahan meskipun sudah mendapat suntiukan vaksin, dan ia mengakhawatirkan hal itu.

“Kami belum tahu seberapa parah dampak varian baru ini jika menular, namun jika parah maka bisa diduga kekebalan yang dihasilkan vaksin Covid-19 jadi tidak berguna,” terang Clarke, mengutip Live Science, Sabtu (20/2/2021).

Menurut data yang diperoleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) varian baru yang ada di Afrika Selatan, Inggris, dan Brasil ditemukan lebih cepat menular daripada varian sebelumnya.

“Saat ini belum ada bukti bahwa varian baru menyebabkan sakit atau gejala yang lebih parah,” ungkap Direktur Medis Public Health England (PHE), Yvonne Doyle, Sabry (20/2/2021).

Hasil genom squencing di Inggris pada 17 Februari 2021 lalu, sebanyak 46 varian baru terkonfirmasi di Inggris, dan varian B.1.125 pertama kali terdeteksi di Nigeria pada Desember 2020.

Sedangkan sebanyak 12 kasus varian baru sudah terdeteksi di Amerika Serikat pada 17 Februari 2021 lalu. Hingga kini, masih belum diketahui apakah varian baru virus corona itu telah masuk di Indonesia atau belum. [irm]

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Telah Didaftarkan 14 Ribu Jamaah Haji Khusus Prioritas Vaksinasi

Read Next

PPKM Skala Mikro Lebih Efektif Tekan Kasus Aktif Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *