Pemerintah mesti Lebih Peduli Dampak Covid-19 ke Anak

0
5

oleh @mardanialisera

DAELPOS.com – Satgas Covid-19 mencatat ada 235.527 anak usia sekolah yg terkonfimasi positif Covid-19 (17 Juni). Angka tsb setara 12,51% dari total kasus Covid-19 di tanah air. Hrs ada langkah konkret guna mencegah peningkatan anak2 yg tertular Covid-19, anak-anak kita harus diselamatkan

Mereka merupakan generasi penerus bangsa yg wajib dilindungi dari berbagai dampak jangka panjang virus tsb. Vaksinasi Covid-19 utk anak2 maupun remaja hrs segera pemerintah lakukan, bagian dari upaya preventif yg bisa diambil. Kecepatan dalam mengambil keputusan sangatlah penting karena penularan dari virus ini jg tak kalah cepat

Lalu pembatasan aktivitas anak di area publik jg bisa dilakukan. Pastikan untuk sementara ada larangan membawa anak2 ke pasar/mall & pusat keramaian lainnya. Kolaborasi antara Pemerintah dan Pemda amat dinanti agar aturan tsb dapat dijalankan scr jelas, tegas & konsisten.

Kemudian rencana memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Juli mendapat hrs dikaji kembali. Kesehatan serta keselamatan anak2 tidak bisa ditawar. Jika belum siap 100%, PTM perlu ditunda. Terlebih tidak semua sekolah yg memiliki anggaran utk memenuhi fasilitas prokes, seperti sekolah swasta yg amat terkena dampak dr pandemi.

Satu hal penting, orang tua jg punya peran krusial dalam perlindungan anak dari Covid-19. Orang tua mesti bisa jadi teladan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Terakhir, penerapan poin2 di atas hrs diiringi dgn tidak ada lg kontradiksi di antara pengambil kebijakan. Contoh, institusi A menyampaikan satu hal, lalu institusi B berkata sebaliknya. Sikap seperti ini hanya membuat bingung masyarakat & berpotensi mengukuhkan sikap untuk mengabaikan semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here