Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan, Anies: Konsistensi Merawat Lingkungan Hidup Harus Jadi Budaya

DAELPOS.com – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan penghargaan dalam kegiatan Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Provinsi DKI Jakarta 2021 di Balai Agung, Rabu (24/11).

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi Pemprov DKI Jakarta kepada pihak-pihak atas inovasi dan konsistensi untuk menjaga lingkungan hidup di Jakarta.

“Kita bangga bahwa ikhtiar bersama untuk merawat dan menyiapkan lingkungan hidup kita agar layak, bahkan lebih baik saat diserahkan ke anak cucu kita telah menemukan para penjaganya (para penerima penghargaan),” ucap Gubernur Anies membuka sambutannya, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Gubernur Anies, menjaga lingkungan hidup tidak cukup dikerjakan secara programatik, melainkan membutuhkan pendekatan gerakan yang perlu keterlibatan semua pihak. Bila hal ini dikerjakan dengan optimal, maka kualitas lingkungan hidup di Jakarta akan menjadi lebih baik.

“Sesungguhnya prestasi terbesar adalah kualitas lingkungan hidup di Jakarta menjadi lebih baik. Ini semua butuh pendekatan gerakan, bukan hanya program, melibatkan semuanya,” tambahnya.

Lebih lanjut, jika ikhtiar untuk menjaga lingkungan hidup ini dikerjakan dengan gerakan, maka harapannya akan tumbuh kebiasaan baru pada masing-masing warga. Kebiasaan baru untuk menjaga lingkungan hidup jika dikerjakan secara konsisten lintas waktu akan menjadi budaya dan memberikan dampak kepada kepada peradaban ke depannya.

“Bapak/Ibu semua adalah garda terdepan, konsistensi merawat lingkungan hidup harus menjadi budaya, bukan hanya slogan. Budaya itu terdiri dari beberapa fase, diajarkan, didisiplinkan, hingga menjadi kebiasaan. Saat kebiasaan dilakukan terus menerus maka akan jadi budaya, budaya yang dipertahankan akan menjadi peradaban, harapannya kota kita akan rasakan dampaknya di masa depan,” papar Gubernur Anies.

Selain itu, Gubernur Anies juga berpesan agar penghargaan ini dipandang sebagai sebuah motivasi untuk menciptakan inovasi guna merawat lingkungan hidup di Jakarta.

“Apresiasi ini sebagai penanda dan jangan berhenti disini, harus diteruskan dan kami berharap apa yang diterima oleh masing-masing pribadi dan lembaga ini menjadi inspirasi bagi yang lain,” tandasnya.

Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup diserahkan kepada beberapa pihak, di antaranya sekolah, kampung, bank sampah, hingga swasta.

Follow kami di social media

Fita

Read Previous

3000 Runnergizers Siap Sebarkan Energi Sehat Untuk Bumi

Read Next

Mendagri Tito Tekankan Arti Penting Pengelolaan Pulau Terluar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *