Apresiasi Gerak Cepat Pemprov DKI Selama pelaksanaan BIAN Tahap 2

0
5

DAELPOS.com – Pada saat kampanye Bulan Imunisasi Anak Nasional, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berhasil melakukan gerak cepat dalam memastikan anak-anak di DKI Jakarta mendapatkan haknya berupa imunisasi tambahan Campak Rubella.

“Percepatan telah dilakukan Pemerintah Ibu Kota DKI Jakarta walaupun sempat tertinggal baru mencapai 16% target sasaran pada saat pertengahan bulan Agustus 2022, sehingga di akhir Bulan Imunisasi Anak Nasional telah mencapai 97,7% sasaran anak usia 09-59 bulan”, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Widyastuti, MKM.

Selama Bulan Imunisasi Anak Nasional yang dimulai sejak awal Agustus 2022 dan akan berakhir pada akhir September 2022, Pemerintah Ibu Kota DKI Jakarta memastikan layanan imunisasi tambahan buka 24 jam. dr. Widyastuti menyampaikan hal ini dilakukan untuk menjangkau para orang tua yang bekerja di pagi hari, sehingga tetap bisa mengantar putra/putrinya untuk mendapatkan imunisasi setelah selesai bekerja.

Selain itu Pemerintah DKI Jakarta juga secara konsisten mengadopsi pendekatan yang dilakukan selama vaksinasi COVID-19, yaitu melakukan imunisasi di tempat publik seperti RPTRA maupun mall di DKI Jakarta.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarkat Kwartir Daerah DKI Jakarta, Ratiyono menyampaikan, “300 Saka Bakti Husada kami perbantukan secara merata dan proporsional di berbagai Puskesmas di DKI Jakarta, mereka membantu melakukan sweeping dari rumah ke rumah, mengedukasi pentingnya imunisasi, dan yang terpenting menggerakan sasaran ke pelayanan imunisasi”.

Dukungan juga mengalir dari Dewan Mesjid Indonesia di DKI Jakarta, yang secara konsisten melakukan edukasi pentingnya imunisasi dan lokasi layanan imunisasi terdekat melalui pendekatan ‘toa mesjid’ selama kampanye Bulan Imunisasi Anak Nasional, sebagaimana disampaikan oleh K.H. Ma’mun Al Ayyubi , Ketua PW DMI Prov. DKI Jakarta.

“Konsistensi dan Percepatan peningkatan cakupan imunisasi sangat terlihat sejak tanggal 13 Agustus ketika berhasil mengimunisasi 85.925 sasaran anak usia 09 – 59 bulan dalam satu hari. Momentum terus dijaga oleh Pemerintah DKI Jakarta hingga akhirnya dapat melebihi target harian dan bahkan memimpin secara nasional”, ungkap DR. Armunanto, Pengampu Program Kesehatan untuk UNICEF Wilayah Jawa.

Ia menambahkan bahwa UNICEF salut serta bangga atas keberhasilan pemerintah provinsi DKI Jakarta yang telah kolaborasikan semua pihak untuk memastikan bahwa kampanye Bulan Imunisasi Anak Nasional menjadi urusan semua pihak, dan dengan semangat luar biasa memastikan semua anak mendapatkan haknya untuk di imunisasi, tanpa terkecuali.

“Dengan konsistensi dan dukungan semua pihak, dengan perkembangan yang sudah dicapai saat ini UNICEF optimis bahwa provinsi DKI Jakarta dapat mencapai 100% cakupan imunisasi tambahan dan melengkapi status imunisasi lainnya pada akhir bulan September 2022”, tutup DR. Armunanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here