Tingkatkan Kompetensi dan Daya Saing, Pemprov DKI Gelar Jakarta Barista League 2022

DAELPOS.com – Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap industri kopi tanah air, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menggelar festival dan kompetisi barista yang bertajuk “Jakarta Barista League 2022” pada Sabtu (3/12) hingga Minggu (4/12) di Urban Forest, Jakarta Selatan. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, agenda berskala nasional ini juga mewadahi kolaborasi berbagai jenama dari para pegiat kopi nusantara yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan memacu kreativitas barista di tanah air, serta mengangkat sosok barista sebagai salah satu profesi penggerak sektor ekonomi kreatif.

“Perkembangan industri kopi tanah air tentu tak lepas dari kerja keras para barista dalam mengembangkan terobosan dan inovasi. Semoga acara ini dapat terus dilanjutkan, dan membawa nama harum barista Indonesia di mata dunia,” ujar Andhika di Jakarta, Minggu (4/12).

Lebih lanjut, Andhika mengatakan, kian maraknya tren menikmati kopi sebagai salah satu gaya hidup, serta kedai kopi yang menjadi lokasi pertemuan para anak muda masa kini, menjadikan profesi barista atau peracik minuman berbasis kopi semakin digemari. Andhika mengungkapkan, profesi ini juga semakin dibutuhkan seiring dengan lahirnya varian speciality coffee atau istilah pada biji kopi bercita rasa khusus yang dihasilkan di wilayah perkebunan di Indonesia.

“Ajang kompetensi barista, menjadi salah satu pendorong peningkatan kompetensi tersebut, sehingga para barista semakin termotivasi untuk mengasah kemampuan dan mengembangkan kreasi khususnya dalam meracik dan menyajikan minuman berbahan dasar kopi,” imbuh Andhika.

Selain kompetisi antarbarista, pada kegiatan tersebut juga diselenggarakan beberapa acara, seperti Coffee Talks, dan pre-event yang akan membahas manajemen bisnis kopi dan kondisi industri kopi di Indonesia. Adapun para pembicara yang akan terlibat dalam acara bertema edukasi dan promosi kopi ini yaitu Rinaldy Nurpratama (Founder of Dua Coffee), Andanu Prasetyo (Founder of Kopi Tuku), Irfan (Kiwari Farmers), serta komunitas Manual Brew Community dari Bandung Barista Indonesia. Selain itu, juga terdapat gelaran Coffee Market yang menyediakan peralatan pembuatan kopi terkurasi, serta tersedia berbagai merchandise khusus dan penampilan hiburan musik.

Follow kami di social media

Fita

Read Previous

Jakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Pemimpin Ibu Kota Se-Asean 2023

Read Next

Heru Budi Lepas Jalan Sehat ASN Pemkot Jaksel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *