IHC RSPP Memaknai 1 Tahun Kolaborasi dengan Mayo Clinic melalui Simposium Internasional

by -28 Views

 

DAELPOS.com – Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), yang merupakan salah satu rumah sakit di bawah naungan PT Pertamina Bina Medika IHC (IHC), kembali menegaskan kembali komitmennya dalam memberikan layanan kesehatan berstandar internasional. RSPP menggelar Simposium Internasional dengan tema “Frontiers in Breast Disease, Hematology, and Heart Failure Management: A Symposium on Excellence” pada 26 dan 27 September 2024. Acara selama dua hari ini akan diadakan dalam format hybrid di Hotel Grand Hyatt Jakarta, dan mengundang para ahli dari Mayo Clinic serta institusi ternama lainnya.

Simposium ini menandai satu tahun kolaborasi antara IHC RSPP dan Mayo Clinic, setelah RSPP secara resmi menjadi anggota pertama Mayo Clinic Care Network (MCCN) di Indonesia pada tahun 2023. Keanggotaan ini merupakan pencapaian besar dan memberikan tanggung jawab kepada RSPP untuk menjaga standar internasional dalam layanan medis, serta menjadi katalisator untuk perbaikan berkelanjutan, inovasi, dan penelitian kesehatan.

Para ahli dari Mayo Clinic hadir di simposium ini untuk berbagi wawasan terbaru dan praktik terbaik dalam penanganan kanker payudara, hematologi, dan gagal jantung, yang menjadi fokus simposium tahun ini. Beberapa ahli terkemuka yang berpartisipasi antara lain James W. Jakub, M.D., yang membahas Breast Cancer Surgical Oncology, Saranya Chumsuri, M.D., yang mempresentasikan sesi Breast Cancer Medical Oncology, Sikander Ailawadhi, M.D., yang berbicara tentang topik Hematology Medical Oncology, dan Robert P. Frantz, M.D., yang membahas Heart Failure.

Simposium ini mendapat dukungan dari Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D., yang merupakan Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia serta pakar Indonesia. Pada kesempatan terpisah, Prof. Dante menyampaikan pentingnya inovasi dan pertukaran pengetahuan dalam memajukan layanan kesehatan di Indonesia.

“Simposium internasional seperti ini sangat penting untuk mempercepat kemampuan tenaga medis Indonesia dalam menangani penyakit kritis seperti kanker payudara, hematologi, dan gagal jantung. Dengan adanya kolaborasi bersama Mayo Clinic, diharapkan standar pelayanan kesehatan kita bisa terus meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi medis global,” jelas Prof. Dante.

Direktur RSPP, dr. Neny Herawati, MKKK, menekankan pentingnya simposium ini dalam meningkatkan pemahaman dan praktik klinis di Indonesia. “Melalui simposium ini, kami berharap dapat memperoleh wawasan berharga tentang kemajuan terbaru dalam manajemen kanker payudara, hematologi, dan gagal jantung. Ini adalah bagian dari komitmen RSPP untuk terus memberikan layanan kesehatan berstandar internasional yang mengutamakan keselamatan pasien,” ujar dr. Neny.

Senada dengan itu, dr. Lia Partakusuma, selaku Plt. Direktur Utama IHC, menyampaikan bahwa simposium internasional ini adalah bukti konkret dari komitmen IHC sebagai holding RS BUMN untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

“Dengan bergabungnya RSPP yang merupakan bagian dari jejaring RS BUMN, menjadi anggota MCCN, diharapkan dapat mendukung ketahanan kesehatan di Indonesia. Dengan berbagai pengetahuan tentang standar pelayanan internasional yang diperoleh, diharapkan RS dan Klinik jejaring IHC lainnya juga dapat memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini sehingga membawa dampak yang baik bagi masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Simposium ini juga sejalan dengan fokus Center of Excellence (COE) yang diterapkan di RSPP, yaitu CardioNeuroEndoVascular dan Kanker Payudara. Tren peningkatan kasus dan prevalensi kanker payudara menjadi dasar strategis kolaborasi dengan Mayo Clinic, dan menjadi fokus utama simposium ini.

Lebih jauh, simposium ini mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) sebagai wujud komitmen bersama untuk memajukan layanan kesehatan di Indonesia. Harapannya, melalui kegiatan ini, RSPP semakin dikenal sebagai pusat rujukan dengan layanan berkualitas berstandar internasional, yang terus memperkuat jaringan profesional global dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.