Jokowi Minta Pembayaran THR Dorong Pertumbuhan Ekonomi

0
4
foto Ist

 DAELPOS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, kepala negara meyakini THR mampu menggerakkan konsumsi masyarakat.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan melalui unggahan dalam akun Instagram resminya, @jokowi pada Kamis (8/4/2021).

“Pembayaran THR dan penyaluran bantuan dan perlindungan sosial ini akan menggerakkan konsumsi masyarakat yang diharapkan akan memacu pertumbuhan perekonomian nasional,” tulisnya.

Oleh sebab itu, ia mendorong pihak swasta untuk membayar THR kepada para karyawan. Hal ini mengingat sejumlah fasilitas dan insentif kepada sejumlah sektor yang telah diberikan pemerintah. Di saat yang sama, pemerintah mempercepat penyaluran sejumlah bantuan dan perlindungan sosial.

“Momentum positif penanganan pandemi di tanah air harus seiring dengan pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Sebelumnya, imbauan serupa disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso. Ia mengatakan pemerintah mewajibkan semua perusahaan swasta membayarkan THR secara penuh pada Lebaran tahun ini. Pasalnya, pemerintah telah menggelontorkan banyak stimulus untuk sektor swasta selama masa pandemi covid-19.

“Pemerintah mewajibkan teman-teman dari perusahaan dunia swasta bayar penuh untuk karyawannya pada Ramadan tahun ini,” ungkapnya dalam Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat Tahun 2021.[tyo]

========

Baleg Setujui Draf RUU SKN

Realitarakyat.com – Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) yang merupakan usul inisiatif Komisi X DPR RI akhirnya disetujui Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Draf kemudian segera dibahas ke tingkat selanjutnya.

Dalam pandangan mini fraksi-fraksi di Baleg, Kamis (8/4/2021), semua fraksi menyetujui sekaligus menandatangani draf RUU tersebut. RUU ini merupakan revisi atas UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang SKN. Semua fraksi memberi catatan kritis atas draf RUU yang diajukan Komisi X DPR.

Capaian presrasi olahraga nasional dan pengadaan sarana prasarana olahraga menjadi topik hangat yang dibicarakan fraksi-fraksi pada rapat yang dipimpin Wakil Ketua Baleg DPR RI M. Nurdin yang dilaksanakan secara fisik dan virtual itu. Sementara dari pengusul, dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf.

Dede Yusuf dari pihak pengusul menyampaikan bahwa hasil harmonisasi, pembulatan, dan pemantapan konsepsi RUU ini menjadi masukan berharga untuk kemudian disempurnakan lagi.

“Kami mengapresiasi semua masukan dari fraksi-fraksi. Dengan ditetapkannya harmonisasi ini bisa segera dibawa ke rapat Bamus untuk disegerakan dalam rapat paripurna,” ucap Dede dalam sambutan pengusul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here