Berbagai Pengalaman Pemimpin Daerah, Bupati Kebumen: Pemimpin Harus Berpikir Cepat dan Tepat

0
5

DAELPOS.com – Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto mengemukakan bahwa saat ini, Indonesia berada dalam masa-masa sulit, yaitu menghadapi pandemi Covid-19 dan revolusi industri 4.0. Menurutnya, tidak ada pilihan lain bagi semua pemimpin untuk berpikir cepat dan tepat. Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber program Executive Education Program For Young Political Leaders (program pendidikan bagi para pemimpin muda) angkatan ke-2, Rabu (7/7/2021), yang dilakukan secara daring.

“Di era pandemi dan industri 4.0 ini pemimpin harus berpikir cepat dan tepat dalam mengambil keputusan dan merespon apa yang terjadi di masyarakat”, tegasnya.

Pola kepemimpinan yang paling tepat menurut Arif adalah kepemimpinan yang kolaboratif. Kepemimpinan kolaboratif sangat diperlukan dalam menghadapi pandemi ini.

“Dalam penanganan pandemi Covid 19 tantangan yang dihadapi bukan hanya permasalahan kesehatan dan ekonomi saja, namun juga tantangan untuk membangun kerjasama dan sinergitas antar dinas, antar Kepala Daerah dan Pemerintah Pusat”, papar Arif.

“Seperti yang dikatakan Ketua Umum kita Bapak Airlangga, kepemimpinan kolaboratif itu kita satu langkah, kita satu upaya, agar bangsa ini selamat dari pandemi”, sambung Arif.

Dalam menghadapi Covid 19, Arif telah melaksanakan pola kepemimpinan kolaboratif seperti bekerja sama dengan berbagai stakeholder untuk membagikan sayur bagi warga, menjalin kemitraan untuk pemulihan ekonomi dan dukungan kesehatan bagi pesantren.

Arif juga membagi pengalaman dalam 100 hari masa kepemimpinannya dengan meluncurkan berbagai program, seperti: GOLAK (Go Layanan Adminstrasi Kependudukan) sebuah program jemput bola dengan memberi kemudahan kepada masyarakat; Program Satu Data Untuk Semua berupa data kependudukan terintegrasi semua sektor; Festival Anggaran sebuah program yang mendukung transparansi penyusunan anggaran sehingga masyarakat dapat ikut berpartisipasi mengawal anggaran; dan DESMILI yaitu program desa melek internet.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here