PAN: Mengapa TKA Asal China Jadi Istimewa ?

0
5
foto Ist

DAELPOS.com – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay mengkritisi kebijakan pemerintah yang tetap menerapkan tenaga kerja asing (TKA) berpaspor China saat penerapan PPKM Darurat demi menekan penularan Covid-19.

Sebab, kata ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah itu, para TKA tersebut berasal dari Negeri Tirai Bambu yang menjadi episentrum penularan virus Corona.

“Jika mereka diizinkan masuk ke Indonesia, ini berarti akan sangat mencederai perasaan orang Indonesia karena saat ini mereka mengalami pengetatan yang sangat luar biasa,” kata Saleh, dilansir Jpnn.com , Selasa (6/7/2021).

Menurut Saleh, seharusnya pemerintah menahan diri untuk tidak menerima orang asing pada saat terjadi kasus Covid-19 di tanah air.

“Saya tidak tahu mengapa pemerintah Indonesia ini selalu terlihat mengalah dengan TKA asal China. Mengapa TKA asal China ini menjadi istimewa, yang boleh datang dan pergi kapan saja,” ujar Saleh.

Anggota DPR RI Dapil Sumatera Utara II itu berharap pemerintah tidak menyelesaikan masalah utama pandemi. Termasuk, menindak kedatangan TKA berpaspor China yang legal atau ilegal.

“Sebaiknya untuk saat kita menolak kedatangan TKA, terutama dari Cina,” ucap dia menegaskan.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan atau Zulhas juga berkunjung ke TKA berpaspor China Makassar, Sulawesi Selatan pada saat penerapan PPKM Darurat.

Hal ini melukai rasa keadilan masyarakat dan mungkin membuat pemerintah dianggap tidak konsisten dalam menerapkan kebijakan tersebut, kata Zulhas dalam persnya, Selasa (6/7/2021).

Ketua umum PAN menilai kedatangan para pekerja asing itu melukai perasaan masyarakat Indonesia yang dibatasi geraknya selama penerapan PPKM Darurat.

“Bagaimanapun, masuknya TKA di tengah dan kasus Covid-19 varian Delta di Indonesia perlu ditinjau ulang,” pungkas Zulhas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here