2 Harimau Sumatera di Ragunan Terpapar Covid-19

0
1

DAELPOS.com – Ikut prihatin atas nasib Hari dan Tino yang terpapar virus Corona. Kini dua harimau Sumatera penghuni Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta itu, harus menjalani isolasi, menjauh dari binatang lain. Pertengahan Juli lalu, petugas mendapati keduanya lemas, sesak napas, dihajar flu. Saat dites PCR, hasilnya positif.

Dalam unggahan di Instagramnya pada Minggu (1/8/2021), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Hari dan Tino itu, didiagnosis positif Covid-19 pada 15 Juli 2021. Secara khusus mantan Menteri Pendidikan Nasional itu, mampir ke TMR untuk menengok keadaan dua harimau tersebut, Sabtu (31/7/2021), setelah kunjungan kerjanya ke beberapa tempat lainnya. Ia mengatakan pasokan makanan dan obat untuk kedua harimau itu sudah mencukupi untuk kebutuhan isolasi mandiri.

Kondisi Hari dan Tino, ungkap Anies, terungkap tiga pekan lalu saat petugas satwa di Ragunan memperhatikan keduanya sakit dan bergejala seperti terpapar virus yang awal dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China. Yakni flu, lemas dan sesak napas. Pihak TMR memanggil petugas swab untuk melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), dan hasilnya keduanya positif Covid-19.

Hasil tes swab menunjukkan, Tino positif dengan CT N1 27,51 dan CT N2 27,68. Sedangkan Hari positif dengan CT N1 24,30 dan CT N2 24.23.

“Kasus satwa terkena COVID-19 termasuk, terutama harimau dan singa, tidaklah unik. Telah banyak kasus serupa di berbagai negara lain. Tentu perawatan satwa terkena COVID-19 ini tidak sama dengan manusia,” jelas Anies.

Kabar baiknya, saat ini keadaan Hari dan Tino sudah berangsur pulih. Namun karena penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Gubernur Anies Baswedan belum mengizinkan masyarakat berkunjung ke TMR. Terutama untuk menengok kedua harimau Sumatera itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here