Megawati Dorong Pemerintah Jalankan Konsep Koperasi Bung Hatta

0
4

DAELPOS.com – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan pentingnya mengimplementasikan ide koperasi Bung Hatta untuk perekonomian masyarakat. Megawati menilai, saat ini implementasi koperasi di Indonesia seperti maju mundur saja, bukan sesuai keinginan rakyat.

“Kenyataannya bagaimana melihat lapangan KUD (Koperasi Unit Desa) dulu akhirnya yang jadi pengurusnya bukan rakyat di desa, tapi kan pemimpin-pemimpin desanya. Akhirnya kita jalan, karena tidak mengerti yang diinginkan oleh rakyat itu apa,” ujar Megawati.

Hal itu disampaikannya pada peringatan HUT Ke-199 Proklamator RI Mohammad Hatta yang digelar oleh Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDI Perjuangan secara virtual, Kamis (12/8/2021).

Presiden kelima RI ini mengajak para pemimpin untuk melihat kembali perjuangan Bung Hatta, melewati berbagai pertempuran, hingga melahirkan ide koperasi untuk kemandirian rakyat.

“Jadi, tolonglah kumpulin untuk menindaklanjuti koperasi yang diinginkan Pak Hatta itu opo toh. Kok sampai sekarang enggak jalan? Itu pikiran saya, why (mengapa)?” kata Ketua Dewan Pengarah BPIP ini.

Ditekankan, ide dan konsep koperasi yang diperjuangkan Bung Hatta tak akan terwujud hanya dengan seremonial.

“Membangun koperasi itu maunya piye gitu loh. Yang diinginkan Bung Hatta itu loh, makmur, sejahtera, ada di UUD 1945 kita. Jangan seremonial-seremonial melulu,” papar Megawati.

Lebih lanjut, ditegaskan Megawati, pemerintah harus mengajak para ekonom-ekonom asal Indonesia untuk bisa membangun koperasi dengan konsep yang menyejahterakan anggotanya

“Maunya diapakan? Artinya harus kita pelihara anak-anak muda itu biar tahu. Kalian bisa ke luar negeri, tapi boleh lihat anak rakyat, karena enggak punya uang, enggak bisa sekolah,” katanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here