Hasto: Baguna PDIP Dikerahkan Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

0
7

DAELPOS.com – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan telah dikerahkan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

“Sejak hari Minggu tanggal 5 Desember atau sehari setelah meletusnya Gunung Semeru, Baguna telah bergotong royong, membantu evakuasi pengungsi, pembuatan dapur umum, hingga bantuan selimut, masker, dan obat-obatan,” kata Hasto, Selasa (7/12/2021).

Hasto menjelaskan Baguna PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur memimpin tanggap darurat dengan dibantu DPC Lumajang, DPC Surabaya, dan hari ini diperkuat dengan DPC Malang, Jember, dan Banyuwangi.

Guna mengoordinasikan penanganan bencana, lanjut Hasto, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri langsung menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadar Restu untuk memimpin gerak Baguna dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru.

Sementara Kepala Baguna Pusat Max Ruland Boseke dan Sekretaris Baguna Alvian Feoh diminta melakukan gelar pasukan Baguna se Jabodetabek untuk mengantisipasi banjir di wilayah tersebut.

“Ibu Risma (Tri Rismaharini) dalam kapasitas sebagai Menteri Sosial langsung turun ke lapangan, melakukan koordinasi dengan BMKG, BNPB, Basarnas dan dengan aparatur pemerintah daerah termasuk melakukan relokasi tempat pengungsian ke daerah aman setelah mendapatkan informasi dari Direktorat Jenderal Vulkanologi dan Geologi Kementerian ESDM,” jelas Hasto.

Kata Hasto, Baguna Partai terbukti aktif bergerak dengan semangat gotong royong membantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya.

Motto Baguna sebagaimana ditetapkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, yakni tanggap darurat, gerak cepat, tepat sasaran, menurut Hasto, telah diterjemahkan dalam protap operasional penanggulangan bencana.

“Apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, termasuk melalui gerak cepat Baguna di dalam menolong rakyat, terbukti efektif dan rakyat terus memberikan kepercayaan kepada Partai,” ujar Hasto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here