Wirawan Panoedjoe Soebagyo : Peralihan Digitalisai UMKM

0
15

DAELPOS.com – Total hampir 19 juta para UMKM yang mulai meramaikan platform digital dengan berjualan di dalamnya. Setidaknya hal tersebut yang di sampaikan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Sedangkan target sebanyak 30 juta UMKM yanh masuk ke dunia digital pada tahun 2024 nampaknya bisa sangat mungkin tercapai mengingat pertumbuhannya sekarang.

Kita semua paham bagaimana pentingnya peran teknologi di jaman Modern seperti sekarang ini. Hal itu pula lah yang melandasi para pengeliat usaha untuk ramai ramai untuk mengadopsi teknologi di sektor bisnisnya.

Selaras dengan itu peralihan ke digital juga di sampaikan oleh Wirawan Panoedjoe Soebagyo (Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21).

“Untuk melakukan Shifting dengan teknologi atau pun juga dengan mendigitalisasi proses usahanya adalah langkah yang wajib. Perubahan ini adalah rambu pengingat bagi kami (UMKM) untuk bisa beralih dan bersinergi dengan teknologi”

“Ibaratnya kereta, Teknologi adalah gerbong paling depan. Jadi mau tak mau kita harus bisa menyesuaikan itu”.

Sebagai pengusaha kita juga harus dintuntut jeli agar bisa ikut dalam perubahan yang terjadi jika tidak ingin menjadi tertinggal. Tentu kita semua paham betul bagaimana kejamnya perubahan zaman contohnya dengan beberapa unit usaha yang akhirnya harus hilang karena korban kemajuan teknologi.

Tentu hal tersebut jangan sampai menimpa teman teman di sektor UMKM. Maka dari itu peralihan atau pemanfaatan teknologi sangat penting selain paham keiginan pasar dan berinovasi tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here