Anies: “Bangkitkan Wisata Jakarta” dengan Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik 2022

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan / foto ist

DAELPOS.com – Aktivitas pariwisata di DKI Jakarta kembali berdenyut seiring terkendalinya kasus Covid-19 dan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat yang diikuti dengan penurunan level PPKM di Jawa-Bali. Masyarakat juga semakin percaya diri untuk berwisata karena melihat kesungguhan dan kepatuhan pengelola lokasi pariwisata menerapkan protokol kesehatan dan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability).

Di sisi lain, kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan ikut membantu percepatan pemulihan kunjungan wisata. Tak heran, sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu liburnya dengan mengunjungi lokasi-lokasi wisata bersama keluarga tercinta, terutama pada hari libur nasional maupun hari libur keagamaan.

Hal inilah yang terekam dan terlihat dalam hasil karya Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya. Mayoritas karya video yang dikirimkan peserta menampilkan optimisme kebangkitan pariwisata di Jakarta dari dampak pandemi Covid-19. Semangat mengunjungi lokasi wisata dibarengi dengan kedisplinan masyarakat maupun pengelola wisata terhadap penerapan protokol kesehatan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan  menyampaikan rasa terima kasih kepada Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia Jakarta Raya yang telah menyelenggarakan lomba video kreatif ini. Melalui lomba video kreatif ini diharapkan dapat menjadi media promosi wisata kota yang bisa dinikmati masyarakat luas.

“Hal ini karena melakukan kegiatan wisata, kita akan mendapatkan pengalaman baru, bahkan sebuah tempat yang dulunya bukan apa-apa. Ketika di tempat itu dibuatkan dongeng walaupun dongeng itu mungkin fiksi, itu orang bisa datang berbondong-bondong ke tempat itu untuk mengikuti dongengnya. Ini akan mendapatkan pengalaman baru, nah pengalaman baru itu dirasakan oleh mereka yang datang, tetapi bagi mereka yang tidak datang mereka tidak mendapatkan pengalaman itu,” ujar Gubernur Anies di Balaikota Jakarta, pada Selasa (21/6).

Gubernur Anies juga menjelaskan bahwa  kemampuan untuk melakukan proses kreasi audio visual mampu mempermudah siapa pun dari jarak jauh untuk mengerti dan memahami suatu tempat wisata melalui karya tersebut. Selain itu, karya audio visual ini juga diharapkan bisa menumbuhkan minat siapa pun untuk datang berwisata.

“Jadi kami sangat berterima kasih sekali kepada teman-teman. Kami berharap ini nantinya akan bisa merangsang lebih banyak lagi video-video kreatif yang dimunculkan. Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada pelajar dan mahasiswa untuk terlibat langsung. Mudah-mudahan dengan begitu nanti akan lebih banyak lagi generasi baru yang terlibat. Terima kasih juga para guru yang membimbingnya untuk mereka yang terlibat,” tambah Gubernur Anies.

Sementara itu, Ferdi Setiawan, Ketua Panitia Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022, mengatakan tujuan diselenggarakan lomba adalah untuk menjaga semangat berwisata di tengah pandemi, sekaligus mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus tetap tegak dilaksanakan di lokasi wisata. Oleh karena itu, tema lomba adalah “Bangkit Wisata Jakarta” dengan 3 (tiga) kategori peserta yaitu pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan jurnalis TV. Ferdi yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Konvergensi New Media IJTI Jakarta Raya berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan lagi tahun depan.

“Besar harapan kami, lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik bisa menjadi agenda rutin tahunan dalam setiap rangkaian Peringatan dan Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Jakarta Raya, Feby Budi Prasetyo mengungkapkan jurnalis ikut bertanggung jawab untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat berwisata.

“Konten video merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengajak semua pihak dan menularkan optimisme menghadapi pandemi. Sebab, pandemi belum berakhir namun pariwisata harus bangkit dan bergerak kembali dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan”, ujarnya.

Dalam melaksanakan kegiatan, Panitia Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, serta sejumlah perusahaan swasta maupun BUMD.

Selama perlombaan yang berlangsung sejak 1 Februari – 31 Mei 2022, panitia telah menerima 40 karya video kreatif dari tiga kategori peserta lomba yaitu pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan jurnalis TV. Dari ketiga kategori peserta dipilih 3 video terbaik untuk sebagai pemenang untuk masing-masing kategori. Penetapan video terbaik diputuskan tim dewan juri yang terdiri dari perwakilan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, akademisi, dan jurnalis TV profesional.

Adapun daftar pemenang lomba untuk kategori pelajar SMA/SMK/MA:
Juara 1 – Hafizd Fadhlullah (SMAN 99 Jakarta)
Juara 2 – Fidava Khalaf Hasibuan (SMA Muhammadiyah 1 Jakarta)
Juara 3 – Ericko Satria Pamungkas (MAN 12 Jakarta).

Pemenang kategori mahasiswa:
Juara 1 – Bianca Sekar Salsabilah (Universitas BSI)
Juara 2 – Mukhlis (STIU Al Hikmah)
Juara 3 – Millenia Arifah (ST MKG)

Sementara pemeneng kategori jurnalis TV:
Juara 1 – Christie Leonita (MNC News Channel)
Juara 2 – Livia Ramadhanti (Metro TV)
Juara 3 – Dimas Rahkasiswi Susanto (Metro TV).

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Megawati: Yang Utama Adalah Gerak Partai di Tengah Rakyat

Read Next

Wagub Riza Dukung Program Conscious Living untuk Pengelolahan Sampah Plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *