Disparekraf DKI Dukung Seni dan Desain di Gelaran ICAD ke-12

0
4

DAELPOS.com –  Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Design+Art Indonesia mendukung gelaran Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) ke-12. Kegiatan ini juga turut berkolaborasi dengan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek RI dan Deputi Bidang Produk Wisata & Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Republik Indonesia (RI).

Gelaran ini diadakan sejak tanggal 19 Oktober hingga 27 November 2022. ICAD ke-12 diikuti oleh total 59 pelaku kreatif multidisipliner dari berbagai negara, antara lain Inggris, Perancis, Italia, Belanda, Rusia, dan Jepang.

Dalam sambutannya yang disampaikan melalui video, Rabu (19/10), Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan, ICAD juga menginisiasi Kemang 12730, sebuah distrik event kreatif pertama di Indonesia, komunitas kumpulan berbagai venue dan lifestylebrand di kawasan Kemang untuk berkolaborasi. Hal itu juga mempertegas kawasan Kemang sebagai destinasi wisata urban di Jakarta yang memiliki potensi ekonomi baik dalam skala nasional maupun internasional.

“Saya berharap melalui kehadiran ICAD kembali pada tahun ini dapat menularkan semangat kolaborasi yang diusung oleh kota Jakarta dan dapat menjadi motor penggerak ekonomi kreatif untuk tetap bergerak maju dan terus berkarya, serta menjadi momentum kebangkitan desain dan seni di tengah dunia baru pascapandemi ini,” kata Pj Gubernur Heru.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata menambahkan, perjalanan ICAD sejak 2009 ini telah bertransformasi menjadi sebuah icon atau simbol yang berhasil menjembatani seni dan desain dengan disiplin ilmu lain, yakni mulai dari fesyen, film, hospitality, teknologi, makanan dan minuman, dan lain-lain.

Tema tahun ini adalah Fragmenting Yesterday, Reshaping Tomorrow. Tema tersebut meyakini pentingnya merefleksikan publik sebagai audiens, pengguna, konsumen, dan penentu tren. ICAD ke-12 mendorong para pelaku kreatif yang berpartisipasi untuk merespons melalui ide dan karya tentang apa yang mungkin relevan dengan publik pascapandemi.

ICAD ke-12 tidak hanya akan berlangsung di venue utama, yaitu Grand Kemang Hotel Jakarta, akan tetapi juga akan berkolaborasi dengan berbagai venue dan brand yang telah dikurasi di #KEMANG12730 untuk merayakan desain, seni dan kuliner yang unik dan artistik.

Sebagai informasi, ICAD adalah sebuah kegiatan pameran seni kontemporer yang diselenggarakan di kawasan Kemang oleh para pelaku seni desain kontemporer dalam bentuk pameran, seminar dan bincang-bincang seni. Kegiatan ini merupakan event kreatif tahunan yang memprakarsai kolaborasi antara desain, seni, teknologi, hiburan, dan melibatkan sub sektor desain interior, desain grafis, serta banyak pelaku kreatif lainnya.

Kehadiran ICAD merupakan sebuah bentuk nyata kolaborasi berkelanjutan, yang menjadi wadah berkarya kegiatan seni dan desain bagi pelaku ekonomi kreatif. ICAD juga telah memberikan semangat dan ruang kepada para pelaku ekonomi kreatif untuk terus mengenalkan karya seni dan desain kontemporer kepada masyarakat luas, baik dalam skala regional, nasional bahkan global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here