Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak Andal

by -20 Views
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis (kiri) membantu salah seorang pemudik pengguna mobil listrik Andi Yani (kanan) saat melakukan pengisian daya di SPKLU rest area Pelabuhan Merak.

DAELPOS.com – Setelah sukses menjaga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) aman dan andal melayani pengguna mobil listrik pada arus mudik libur Idul Fitri 1445 Hijriah, kini PLN juga telah siap mengamankan SPKLU untuk arus balik mudik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyaman bagi para pemudik pengguna mobil listrik.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan siaga menjaga SPKLU, termasuk saat arus balik libur Idul Fitri.

“Kami akan terus menjaga SPKLU yang tersebar di sepanjang jalur mudik. SPKLU kami siapkan di setiap rest area, termasuk dengan pegawai siaga yang siap membantu pengguna kendaraan listrik nyaman dalam mengisi daya,” ucap Darmawan.

Jalur Tol Jakarta – Merak menjadi salah satu jalur utama yang dilalui pemudik dari pulau Jawa ke pulau Sumatra atau sebaliknya. Untuk itu, kehadiran SPKLU yang prima, khususnya di Tol Jakarta – Merak yang menjadi jalur utama, sangat penting untuk mendukung pemudik yang menggunakan mobil listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa secara keseluruhan pihaknya telah mengoperasikan 51 unit SPKLU yang tersebar di 32 lokasi dan 1 unit SPKLU Mobile selama masa siaga mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Abdul Mukhlis menambahkan bahwa di jalur mudik tol Jakarta menuju Pelabuhan Merak menuju Sumatra terdapat SPKLU di rest area KM 13.5A, KM 43, KM 68A, dan di Pelabuhan Merak. Sementara dari arah sebaliknya terdapat SPKLU di Rest Area KM 68B dan 45B.

“Di setiap lokasi rest area SPKLU terdapat posko siaga PLN yang dapat dimanfaatkan para pengguna mobil listrik untuk beristirahat dan menunggu pengisian baterai. Di setiap posko ada petugas PLN yang siap membantu pengguna mobil jika mengalami kendala pengisian baterai,” ujar Abdul Mukhlis.

Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna kendaraan listrik, saat ini SuperApp PLN Mobile telah dilengkapi dengan tiga fitur tambahan yang mendukung pemudik mobil listrik.

“Pengguna mobil listrik sekarang bisa memanfaatkan fitur Trip Planner untuk merancang rencana perjalanan dan pengisian daya saat menggunakan mobil listrik, scan barcode SPKLU untuk pengisian daya yang sekarang hanya memerlukan dua tahap dari sebelumnya 3 tahap, serta pop up Siaga SPKLU yang memungkinkan komunikasi langsung dengan hotline SPKLU 24 jam melalui nomor call center PLN 123 atau whatsapp 087771112123,” jelas Abdul Mukhlis.

Andi salah satu pengguna mobil listrik asal Serang yang memanfaatkan SPKLU di Pelabuhan Merak merasa puas dengan layanan SPKLU PLN, terlebih kesigapan petugas yang membantu mengarahkan. Ia juga terkesan dengan adanya posko yang diperuntukkan bagi setiap pemudik khususnya pengguna mobil listrik untuk beristirahat sembari menunggu pengisian baterai.

“Sangat terbantu dengan adanya SPKLU di Pelabuhan Merak ini, lokasinya sangat strategis. Apresiasi untuk PLN yang sigap membantu saya saat hendak melakukan pengisian baterai mobil listrik menggunakan PLN Mobile. Poskonya juga nyaman dan saya puas dengan layanan yang diberikan tim PLN,” pungkas Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.