PLN Gerak Cepat Pascaerupsi Gunung Ruang, Kelistrikan Pulau Tagulandang Kini Normal Kembali

by -29 Views
Manajemen PLN UID Suluttenggo saat melakukan Briefing kepada Tim Gabungan Penormalan Kelistrikan di Pulau Tagulandang yang terdiri dari Petugas Pembangkit Petugas Pelayanan Teknik dan Petugas PDKB sebelum memulai perbaikan pada Minggu (21/04).

DAELPOS.com – PT PLN (Persero) berhasil memulihkan pasokan listrik Pulau Tagulandang yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara pada Rabu (17/04). Langkah sigap PLN ini berhasil membuat pasokan kelistrikan ke Pulau Tagulandang yang sempat dihentikan sementara karena faktor keamanan kini kembali normal.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mengambil langkah sigap untuk memulihkan pasokan listrik ke masyarakat.

“Pasca insiden erupsi, seluruh unit PLN bergerak cepat untuk pemulihan sistem kelistrikan. Hal ini dilakukan setelah pembersihan dari material erupsi hingga perbaikan peralatan pembangkit dan jaringan distribusi, sehingga secara bertahap listrik kembali normal,” kata Darmawan.

Dalam menormalkan listrik di Sistem Tagulandang, PLN menyiapkan 12 unit pembangkit listrik dengan total daya mampu 1.400 kiloWatt (kW). PLN juga menerjunkan 81 personel siaga yang terdiri dari petugas pembangkit, petugas pelayanan teknik, dan petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) Ari Dartomo mengatakan, dalam pemulihan kelistrikan, PLN mengutamakan posko-posko pengungsian, serta tempat pelayanan kesehatan.

“Saat ini total seluruh pelanggan di Pulau Tagulandang yang berjumlah 7.735 pelanggan telah kembali menikmati listrik, untuk seluruh jalur di Sistem Tagulandang pun telah normal,” terang Dartomo.

Dirinya turut mengapresiasi seluruh stakeholder, yang turut membantu PLN dalam percepatan penormalan kelistrikan di Tagulandang.

“Terima kasih atas semangat kolaboratif dari seluruh forkompimda dan instansi terkait yang berjibaku bersama PLN dalam membantu percepatan pemulihan listrik mulai dari tahap koordinasi serta bantuan di lapangan,” tutur Dartomo.

Selain menormalkan sistem kelistrikan Pulau Tagulandang, PLN juga terlibat aktif dalam membantu warga terdampak lewat program bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Secara bertahap, bantuan diserahkan dalam bentuk 900 paket sembako beras dan gula, 400 box masker, 50 pack beras dan minyak goreng, 200 kaleng ikan kaleng, serta mie instan dan susu kemasan.

“Masyarakat merasakan derita mendalam akibat peristiwa ini. PLN pun hadir senasib sepenanggungan bersama masyarakat,” ucap Dartomo.

Bantuan ini diserahkan langsung kepada PJ Bupati Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Dan Biaro (Sitaro) Joi Eltiano Bernadin Oroh. Oroh mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada PLN atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih atas kepedulian dari pada PLN membantu terkait dengan penyediaan kebutuhan pokok dan tentunya kami akan menyalurkan itu,” ujar Oroh.

Penyerahan bantuan bagi masyarakat Tagulandang ini juga merupakan kolaborasi bersama antara PLN dan TNI bersama Pemerintah Daerah.

“Terima kasih atas partisipasi dari PLN bersama Korem 131/Santiago hari ini telah menyerahkan kurang lebih 500 paket sembako bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Ruang. Segera akan kami distribusikan kepada mereka-mereka yang sangat membutuhkan,” kata Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.