Pemprov DKI Kembangkan Inovasi Wujudkan Kota Ketahanan

0
27

DAELPOS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih terbaik tiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kategori Provinsi Terbaik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. Penghargaan ini diberikan bagi daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target pembangunan daerah dengan baik.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan piala penghargaan langsung kepada Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (6/5). Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan atas upayanya dalam meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Pj. Gubernur Heru mengatakan, penghargaan ini sebagai wujud komitmen Pemprov DKI agar terus dapat menyusun perencanaan dan melaksanakan pembangunan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota. Untuk itu, ia mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bersinergi bersama dalam merancang strategi dan kebijakan untuk mendorong Jakarta menjadi kota berketahanan yang berdaya saing global dan mencapai sasaran pembangunan daerah yang mendukung pembangunan nasional.

“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi hari ini, yang menegaskan bahwa sinkronisasi menjadi kunci dalam mewujudkan rencana kerja pemerintah pusat yang juga didukung pemerintah daerah. Sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah dapat dilakukan secara berkelanjutan dan hasilnya benar-benar bisa dirasakan oleh rakyat,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Capaian hasil pembangunan Pemprov DKI Jakarta sepanjang tahun 2023 berfokus dalam beberapa prioritas, seperti transportasi, penanggulangan banjir, penanganan stunting, kemiskinan, dan peningkatan indeks demokrasi. Dalam penilaian PPD 2024 ini, Pemprov DKI Jakarta mengajukan program dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta yang berinovasi menghadirkan ’Gerai Memulai Usaha’.

Inovasi tersebut berguna untuk memberikan kepastian kepada masyarakat pelaku usaha dalam perizinan berusaha. Pelayanan meliputi pendampingan dan konsultasi yang diberikan kepada pelaku usaha, mulai dari pengajuan hingga izinnya terbit. Gerai Memulai Usaha terdapat di kantor DPMPTSP baik tingkat kelurahan, kecamatan, kota, maupun provinsi, termasuk sarana publik seperti stasiun MRT, pasar, dan mall yang ada di DKI Jakarta.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, penilaian penghargaan pembangunan daerah tersebut terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah penilaian dokumen perencanaan dan dokumen inovasi daerah. Tahap kedua dilakukan wawancara dan verifikasi melalui forum grup diskusi dan kunjungan lapangan.

“Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah bekerja dengan baik dalam pembangunan daerah,” kata Suharso Monoarfa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here