Pantau Kondisi Angkutan Kereta Api di Masa Long Weekend Hari Raya Idul Adha, Menhub Apresiasi Kinerja Layanan KAI

by -23 Views

DAELPOS.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melakukan observasi pelayanan kereta api di sejumlah kota dalam rangka menyatukan pergerakan liburan panjang Hari Raya Idul Adha. Agenda tersebut dilakukan di berbagai stasiun meliputi Stasiun Purwokerto, Kroya, Tegal dan Semarang Poncol, dalam kurun Jumat (14/6) sd Sabtu (15/6).

“Saya bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Idul Adha. Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah memantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit,” ucap Menhub Budi Karya Sumadi.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, berterima kasih kepada Menteri Perhubungan dan jajaran yang telah bersama-sama ikut serta dalam musim liburan Hari Raya Idul Adha.

Pada periode 14 s/d 18 Juni 2024, KAI mengoperasikan 1.562 perjalan kereta api atau rata-rata 313 perjalan KA per hari. 

“KAI mengoperasikan 30 perjalan KA tambahan di masa liburan ini. Hal tersebut merupakan antisipasi KAI dalam memberikan transportasi yang terbaik bagi maslamakat selema liburan Idul Adha ini,” kata Didiek.

Lonjakan penumpang KA pada masa liburan sudah terjadi sejak Jumat (14/6), dimana pantauan data pada Minggu (16/6), volume penumpang dari tanggal 14 sd 16 Juni 2024 sebanyak 511.115 penumpang, atau 110,4 persen dari total kapasitas tempat duduk sebanyak 462.889 tempat duduk (ada angka penumpang dinamis, sebagai contoh hubungan Jakarta – Surabaya, dimana ada penumpang yang dari jakarta turun di Semarang, selanjutnya ada penumpang yang naik dari Semarang menuju Surabaya, maka dihitung 1 tempat duduk adalah 2 tiket terjual) . Angka penjualan tiket ini masih akan terus bergerak seiring dengan berlangsungnya masa long weekend.

Didiek berharap kereta api dapat tetap menjadi pilihan transportasi massal bagi maslamakat.

“Harapan kami transportasi massal dengan kereta api menjadi pilihan maslamakat untuk bertransportasi. Kami menjamin keslamatan dan ketepatan waktu,” kata Didiek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.