DPRD Kabupaten Tolitoli Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Tahun 2020

by -22 Views

DAELPOS.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli, rabu pagi (6/11) menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2020 serta beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) lainnya di ruang sidang Utama Suwot Lipakat DPRD Kabupaten Tolitoli. Rapat paripurna DPRD itu, dipimpin langsung dan dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Moh. Randi Saputra AR didampingi Wakil Ketua I Jemy Yusuf, ST dan Wakil Ketua II Hi. Aziz Bestari, ST.,MM
.
Saat membuka rapat paripurna tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Moh. Randi Saputra AR mengatakan bahwa untuk pertama kalinya Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli masa bhakti 2019 – 2014 melaksanakan rapat Pembahasan RAPBD serta Raperda lainnya, sehingga sangat dibutuhkan kesamaan persepsi dalam memberikan persetujuan bersama Pemerintah Daerah agar pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan dan pembangunan dapat selaras dan bersinergi dengan kebijakan pembangunan nasional.

Moh. Randi Saputra A.R sangat memahami bahwa dalam menjaga konsisitensi rencana penganggaran tahunan daerah, walaupaun Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Prioritas Plafond Anggaran Sementara (PPAS) dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) untuk tahun anggaran 2020 telah dibahas dan disetujui oleh DPRD periode sebelumnya. Selan itu, dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, maka daerah wajib untuk menyesuaikan struktur APBD dalam jangka waktu tertentu.

Sementara itu, Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding dalam pidatonya menyampaikan bahwa garis besar struktur RAPBD Kabupaten Tolitoli Tahun Anggaran 2020 meliputi rencana target Pendapatan Daerah Kabupaten Tolitoli sebesar Rp. 1.199.380.406.055,- dengan Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 112.892.705.319,- dan dari Dana Perimbangan sebesar Rp. 901.865.721.000,- serta Pendapatan Daerah dari Sumber Lainnya sebesar Rp. 184.621.979.736,-

Sedangkan target belanja direncanakan 1.212.705.738.278,- Di bagian lain, Wakil Bupati juga mengatakan untuk memfokuskan capaian dan sasaran pada tahun 2020, Pemerintah Daerah mengangkat tema Pembangunan yaitu :

“Peningkatan Daya Saing Daerah Berbasis Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sumber Daya Manusia, yang Religius Berkarakter Aktif dan Berkeadilan dengan 7 (Tujuh) Prioritas Daerah yakni penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan pada semua tingkatan serta pemenuhan tenaga pendidik di wilayah kecamatan, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan serta pemerataan distribusi tenaga kesehatan di wilayah kecamatan, optimalisasi pelayanan publik dan menguatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, peningkatan penyediaan sarana dan prasarana infrasruktur pertanian, perikanan, peningkatan kualitas infrastruktur irigasi, jalan, dan jembatan dan fasilitas umum lainnya, meningkatkan sarana dan prasarana pulau – pulau kecil, terpencil dan terdepan. (RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.