Menpora Akan Benahi Tata Kelola Birokrasi di Kemenpora

by -11 Views
Menpora Zainudin Amali menghadiri Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Penyerahan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2020 oleh Presiden Joko Widodo kepada kementerian, lembaga, dan daerah di Istana Negara / Istimewa

DAELPOS.com – Menpora Zainudin Amali menghadiri Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan  Penyerahan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2020 oleh Presiden Joko Widodo kepada kementerian, lembaga, dan daerah di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11). 

Terkait hal ini, Menpora mengatakan bahwa Kemenpora sedang mereview tata kelola yang ada di Kemenpora, mereview regulasi dan sedang menyesuaikan birokrasi. “Ada dua hal dari lima program prioritas pembangunan nasional adalah memperkecil hambatan regulasi dan merampingkan birokrasi. Dan kita akan menyesuaikan itu agar urusan di Kemenpora bisa cepat , ”   ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Menpora juga mengatakan bahwa anggaran yang telah diberikan bisa digunakan untuk belanja modal dan dilakukan secepatnya. Jangan sampai seperti sekarang ini, masih ada proses tender padahal ini sudah  bulan November. Tahun depan arahan Pak Presiden, Januari semua sudah dikerjakan, terutama kerjaan yang membutuhkan waktu seperti pembangunan sarana dan prasarana 

Sebelumnya, Presiden meminta agar kementerian, lembaga, dan daerah  mengutamakan kepentingan rakyat. Bukan hanya mengejar realisasi penyerapan anggaran, namun juga harus bisa membawa manfaat untuk masyarakat.

“Menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati, walikota, pastikan bukan hanya realisasi belanja yang habis, tapi dapat barangnya, dapat manfaatnya rakyat. Itu yang terpenting. Karena dulu bangga kalau realisasinya 99 persen atau 100 persen. Tapi rakyat dapat manfaat atau tidak dari belanja itu. Terpenting kita melihat barang berkualitas bagus, program bagus, dan rakyat rasakan manfaatnya,” kata Presiden.  (RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.