Mardani Dorong ASN Produktif ditengah Pandemik Coron Virus

Foto Ist

DAELPOS.com – Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera mengapresiasi kebijakan cepat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk memperbolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja di rumah.

“Kebijakan ini positif dalam sekali! Salute untuk Pak Menteri. Saya berharap ASN tetap produktif bekerja di rumah seperti halnya di kantor,” kata Mardani, Selasa (17/3).

Lebih lanjut, legislator Fraksi PKS DPR RI itu mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 sangat cepat dan beresiko di krumunan orang, “Sangat beresiko jika ASN masih tetap bekerja karena pasti di kantor akan bertemu dengan rekan kerja, atasan. Apalagi salah satu Menteri Indonesia maju sudah ada yang positif,” ujar Mardani.

Mardani yang terpilih dari Dapil Jakarta Timur itu mengungkapkan skema Work from Home (WFH) dan Study from home (SWF) menjadi pilihan yang bijak.

Mardani memberikan catatan atas kebijakan WFH dan SWF lebih efektif:

Pertama, Kebijakan WfH dan SfW harus diiringi implementasi yang detail kepada ASN. pelaksanaan bisa menurunkan produktivitas bila terkendala masalah seperti ini mengingat negara kita sedang terus berjuang lepas dari middle income traps.

Kedua, Setiap K/L dan Pemda perlu membuat petunjuk pelaksana untuk memastikan setiap pelayanan tetap berjalan. “Seperti ASN & PPK membuat jalur komunikasi sampai mengumumkan pusat layanan dgn call center yg mudah di akses. Ini penting sebagai kanal pengaduan jika ada ASN atau PPK yang tidak bekerja sesuai standar,” kata Mardani.

Ketiga, Mekanisme pengawasan diperlukan dan penting untuk memastikan setiap orang tidak lepas dari tugasnya sekaligus menjadi ukuran kinerja. Begitu juga degan sistem renumerasi & sanksi yang jelas. “Jangan sampai kewenangan yang turut diberikan ke daerah ini menurunkan produktivitas,” kata Mardani.

Keempat, Kebijakan ini kita harapkan tidak menghambat laporan yang datang dari masyarakat. “Contoh, keberadaan masker saat ini terbilang langka, begitu juga dengan beberapa bahan makanan pokok. Hal ini harus tetap dipastikan walaupun petugas sedang tdk berada di kantor/lapangan,” kata Mardani.

oleh karena itu, Mardani mengusulkan dibentuknya Gugus tufas reaksi cepat yang dilengkapi dengan perlengkapan yang memadai. “Gugus tugas ini berfungsi sebagai pemantau kondisi lapangan yg berkoordinasi dgn kepolisian maupun pihak terkait,” kata Mardani.

Terakhir Mardani mengusulkan pemerintah untuk dapat memberikan insentif utk ASN yang memiliki kinerja baik meski bekerja di rumah. “Ini penting untuk membangun mental siap melayani dimanapun berada. tapi sekali lagi harus diiringi dengan SOP, mekanisme, evaluasi & monitoring yang jelas,” pungkasnya

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Cegah Penyebaran COVID-19, KPK Lakukan Penyesuaian Pelaksanaan Tugas

Read Next

Final Four & Grand Final Proliga 2020 Ditiadakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *