Menag: Selamat, Jadikan MTQ Momentum Pendidikan Qurani

DAELPOS.com – Kontingen Sumatera Barat didaulat sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXVIII yang berlansung di Padang. Menag Fachrul Razi selamat atas capaian prestasi ini.

Orang berharap hal tersebut bisa menjadi momentum untuk memperkuat pendidikan karakter Qurani. Menurut Menag, MTQ tidak cukup hanya sebagai syiar Islam dan kesemarakan sendiri-sendiri. “Al-Qur’an harus difungsikan sebagai penuntun kehidupan umat, baik secara pribadi maupun masyarakat, sehingga kualitas kehidupan terwujud yang semakin baik,” kata Menag di Jakarta, Minggu (22/11).

“MTQ harus menjadi pendorong semangat untuk membentuk yang berkarakter Qurani. Nilai MTQ bukan pada piala dan juara, tapi pada muatan dakwah yang dipancarkannya, “sambungnya.

Presiden Joko Widodo, saat memberikan pembukaan MTQ juga menggarisbawahi pentingnya membumikan Al-Qur’an. Menurut Presiden, syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa harus mengikuti, salah satunya melalui pendidikan Al-Quran.

Sebab, lanjut Presiden, Al-Qur’an yang merupakan sumber rujukan umat Islam, berisi nilai-nilai luhur yang universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. “Al-Qur’an mengajak semua manusia untuk kerja sama dalam takwa dan minta,” ujar Presiden.

Kepribadian dan kemuliaan ahklak Nabi Muhammad bersumber dari Al-Qur’an. Nabi dikenal sebagai sosok yang menebarkan kasih sayang, serta menjauhkan diri dari perbuatan yang perbuatani sesama. “Kita semua sebagai umatnya, harus meneladani kemuliaan ahklak Nabi tersebut,” lanjutnya. 

“Saya yakin, dengan pemahaman keislaman yang lebih baik, tidak hanya akan menilai jati diri seorang muslim dan muslimat, tapi juga akan memperkokoh ukhuwah seperti guru Rasulullah baik ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah maupun ukhuwah insaniyah, semangat persaudaraan dan kepedayaan terhadap penghubung yang dicontohkan Nabi Muhammad Gergaji, “sambungnya.

Hal senada disampaikan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat menutup MTQ Nasional 2020. Menurutnya, nilai-nilai dalam Al-Qur’an sangat aplikatif untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad berbunyi iqra ‘yang berasal dari kata qara’a. Kata qara’a bukan hanya membaca secara tekstual, tetapi juga membaca konteks, substansi, dan berpikir mendalam untuk melakukan inovasi.

“Pengamalan Al-Qur’an yang disyiarkan melalui MTQ Nasional diharapkan mampu menjadi penyebab lahirnya generasi unggul, profesional, dan Qur’ani untuk Indonesia maju,” tandasnya.

MTQ Nasional XXIX pada 2022 rencananya akan berlangsung di Kalimantan Selatan. Berikut ini 10 besar juara MTQ Nasional ke-28 di Padang, Sumbar:

1. Sumatera Barat
2. DKI Jakarta
3. Jawa Timur dan Jawa Barat
4. Kepulauan Riau
5. Sumatera Utara

6. Banten
7. Riau 
8. Nusa Tenggara Barat
9. Kalimantan Barat
10. Jawa Tengah

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Virtual Charity Run and Ride PLN, Sambung Listrik Gratis Lebih Dari 2.000 Rumah

Read Next

Menpora RI Pesan Kepada Atlet Semangat Berlatih dan Berprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *