Rahasia agar Doa Cepat Diikabul

0
5
foto Ist

DAELPOS.com – Dalam hidup ini, terkadang kita merasa sudah berdoa terus tapi belum juga kunjung terkabul apa yang diinginkan. Lalu timbul rasa bosan sehingga malas untuk berdoa lagi. Astaghfirullahaladzim.

Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah SWT. Terus saja yakin bahwa Allah SWT pasti mengabulkan doa kita. Dan itu sesua janji Allah  bahwa setiap doa pasti diijabah-Nya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Ghafir ayat 60 yang artinya:
“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Para ulama mengatakan, agar doa cepat diijabah Allah SWT yang mest dilakukan adalah:
1. Perbanyak Istighfar
2. Perbanyak Shalawat Nabi
3. Perbanyak Sedekah.
4. Adab Baik dan Benar Saat Berdoa:

* Khusyuk
Berdoa adalah cara manusia untuk memohon segala hal kepada Allah SWT dalam segala situasi dan kondisi. Doa itu harus disampaikan dalam keadaan khyusuk atau fokus kepada Allah SWT, yang disertai rasa ikhlas dan rendah hati.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab Aat 35 yang artinya:
 “Sesungguhnya, laki-laki dan perempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

*Menghadap Kiblat dan Menengadahkan Tangan
Rasulullah Muhammad SAW diriwayatkan bahwa dalam beberapa kesempatan beliau berdoa dengan menghadap kiblat. Rasulullah juga mengangkat kedua tangannya dengan bertenaga dan tegak.

Dari Jabir ra, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (HR. Muslim)

*Memuji Allah SWT dan Bershalawat kepada Nabi
Awalilah doa dengan Istighfar, lalu memuji Allah SWT dan selanjutnya bershalawat kepada Rasulullah SAW.  

“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad)

*Bersuara Rendah/Lirih
Dalam hal ini, pernah suatu ketika para sahabat Nabi Muhammad SAW mengeraskan suara takbirnya. Lalu, melihat hal itu Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Wahai para sahabat, sesungguhnya Zat yang kalian seru (Allah) tidak tuli dan tidak ghaib. Zat (Allah) yang kalian panggil ada di antara kalian dengan leher hewan tunggangan kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bahkan dijelaskan di dalam Alquran surat Al-A’raf ayat 55 yang artinya:
“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”

*Berdoa di Waktu-waktu Mustajab
Rahasia terakhir adalah melakukan doa di waktu paling mustajab. Sebab, pada waktu-waktu mustajab inilah semua doa inshaallah akan dikabulkan oleh Allah SWT.
“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim)

Itulah lima rahasia yang mesti kalian ketahui agar semua doa yang dipanjatkan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here