Piala Menpora 2021, Madura United Sikat PSS Sleman 2-1 Pimpin Grup C

Rahmad Darmawan, pelatih kepala Madura United / Foto Ist

DAELPOS.com – Sempat tertinggal 0-1, Madura United akhirnya menutup laga kontra PSS Sleman dengan kemenangan 2-1 pada laga pembuka Grup C tryanamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (23/3/2021). Berkat kemenangan ini, skuad racikan pelatih Rahmad Darmawan menempati posisi puncak dengan koleksi 3 poin dan surplus 1 gol (2-1).

Dikutip dari LKBN Antara, duel Madura United melawan PSS Sleman tak ubahnya pertemuan 2 bersaudara berbumbu persaingan. Ini karena ke-2 klub kerap bentrok saat kompetisi reguler Liga 1 masih berputar. Rapor Madura United terbilang kurang apik karena lebih sering kalah di hadapan PSS Sleman. Di Liga 1 2019, Madura United memetik 1 kemenangan, 1 kali seri, 1 kali takluk dari 3 pertemuan dengan PSS Sleman.

Duel kali ini juga bagai ajang reuni bagi sederet pemain Madura United yang kini berkostum PSS Sleman. Tiga di antaranya adalah stoper Fandry Imbiri, stoper Fabiano Beltrame, dan gelandang Misbakus Solikin. Tapi, semua itu tak berlaku di lapangan rumput Stadion Si Jalak Harupat kali ini.

Skuad PSS Sleman yang tampil lebih dominan dalam penguasaan aliran bola di 10 menit pertama, unggul duluan sejak menit 19 berkat gol hasil tendangan bebas Irfan Jaya menyusul pelanggaran terhadap Marckho Meraudje.

Memimpin laga 1-0, PSS Sleman mengubah pola permainan dari terbuka jadi cenderung bertahan. Sebaliknya, Madura United terlihat kesulitan mengembangkan permainan dengan formasi 3-5-2. ‘Laskar Sape Kerap’ selalu gagal membongkar pertahanan ‘Tim Elang Jawa’ yang sangat rapat di area sendiri.

Pada pengujung babak 1, Rafi Angga sempat menerima umpan dari Irfan Bachdim. Sayang, tembakannya lemah sehingga dengan mudah bola diamankan kiper Muhammad Ridho. Hingga turun minum, Madura United tetap tertinggal 0-1 dari PSS Sleman.

Pada babak 2, Madura United mengubah skema ke 4-3-3. Pelatih Rahmad Darmawan menarik keluar Fachruddin Aryanto dan memasukkan Kevy Sahertian. Lalu, Hugo Gomes alias Jaja masuk menggantikan Slamet Nurcahyo. Keputusan Rahmad Darmawan terbukti jitu.

Jaja sempat melepas tembakan keras dari luar kotak penalti dan mengenai tangan Fabiano Beltrame. Tapi, wasit Yudi Nurcahya tidak menganggapnya pelanggaran sehingga tidak memberi penalti buat Madura United.

Kevy yang masih berusia 21 tahun justru mampu jadi pembeda. Berawal dari umpan Bayu Gatra dari sisi kanan yang sempat membentur Asyraq Gufron, bola begulir liar dan kemudian dimanfaatkan Kevy jadi gol di menit 67. Skor pun berubah jadi 1-1.

Gol Kecy melipatkan semangat para pemain Madura United buat bikin gol lagi. Upaya mereka membuahkan hasil di menit 88 saat stoper Jaimerson Xavier jadi eksekutor tendangan bebas. Bola tendangan Jaimerson gagal dibendung kiper PSS Sleman Ega Rizky dan bergulir masuk ke gawangnya. Madura United berbalik unggul 2-1 dan tak lagi berubah hingga laga bubar.

Menang 2-1, Madura United pun berhak menduduki urutan teratas klasemen Grup C Piala Menpora 2021 dengan mengantongi 3 poin dan surplus 1 gol (2-1). Posisi di klasemen Grup C ini masih dapat berubah. Kemungkinannya seperti apa, menunggu hasil laga Persebaya Suraya melawan Persik Kediri yang kickoff pukul 18:30 WIB juga di Stadion Si Jalak Harupat   

Susunan pemain:
Madura United (3-5-2): Muhammad Ridho – Fachruddin Aryanto/Kevy Syhertian (51), Jacob Pepper, Jaimerson Xavier; Marckho Sandy Meraudje, Alfin Tuasalamony, Slamet Nurcahyo/Gomes (54), Zulfiandi, Andik Rendika Rama; Bruno Lopes, Beto Goncalves
Pelatih: Rahmad Darmawan
PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky – Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Fabiano Beltrame, Derry Rachman; Irfan Bachdim, Kim Kurniawan, Wahyu Sukarta; Irfan Jaya, Rafi Angga, Irkham Mila
Pelatih: Dejan Antonic

Klasemen Grup C Piala Menpora 2021
1. Madura United            1  1-0-0  2-1  3
2. Persebaya Surabaya  0  0-0-0  0-0  0
3. Persik Kediri                0  0-0-0  0-0  0 
4. PSS Sleman                1  0-0-1  1-2  0

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Kementerian PANRB Beri Pembekalan KIPP 2021

Read Next

Jokowi Akan Resmikan Terminal Bandara Kuabang dan Tinjau Vaksinasi Massal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *