Bakal Uji-Coba Sekolah Tatap Muka, Anies Siapkan Petugas Kesehatan

foto Ilustrasi / Net

DAELPOS.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana akan membuka kembali belajar tatap muka di sekolah dengan tahap uji coba pada Rabu, 7 April 2021 besok. 

Pemprov DKI diminta untuk melakukan mitigasi secara matang, sehingga keputusan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah ini tidak menimbulkan kasus baru COVID-19. 

Menurut Dicky Budiman, ahli epidemiologi dari Griffith University, menyarankan Anies untuk menyediakan tenaga kesehatan (Nakes) di tiap-tiap sekolah ketika belajar tatap muka berlangsung. 

“Dalam rencana pembukaan sekolah di DKI, harus ada pendampingan oleh Dinas Kesehatan DKI dengan menunjuk puskesmas, klinik, atau dokter praktek untuk memantau setiap sekolah,” kata Dicky. 

Menurut Dicky, hadirnya petugas kesehatan ini guna memantau segala kegiatan sekolah agar tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus corona. 

“Setiap sekolah harus jelas siapa pemantaunya karena ini tidak seperti sekolah biasa. Jadi, harus ada pengampu petugas kesehatan,” ujarnya. 

Dicky juga mengatakan, kegiatan harus dihentikan ketika ditemukannya kasus covid-19, baik di kalangan siswa, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya. 

Dicky menyarankan kepada petugas kesehatan yang ditunjuk Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, harus melakukan tindakan lanjutan dengan cara tracing (penelusuran kontak). 

“Jangan lupa ada rem darurat ketika misalnya dalam satu kelas atau kelompok yang positif satu orang, itu sudah harus membuat kelompok itu karantina dulu dua minggu, sembari nanti di-tracing,” jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur (Wagub) DKI, Ahamd Riza Patria menyebut, pihaknya akan membuka kembali sekolah tatap muka dengan tahap uji coba pada Rabu, 7 April 2021 hingga 19 April mendatang. 

Riza Mengatakan, sejauh ini ada sekitar 96 sekolah yang direncanakan akan dibuka sebagai pilot project pembelajaran tatap muka yang sedang dilakukan asesmen. 

“Mudah mudahan kalau ini berhasil, nanti kita akan pertimbangkan apakah di tahun ajaran baru, dimungkinkan tatap muka secara langsung atau secara campuran seperti yang diujicobakan, atau cara lain,” tambah Riza

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Laksanakan Sosialisasi Rencana Kepulangan Warga Terdampak, Pertamina juga Siapkan Tes untuk Skrining Covid-19

Read Next

Uji Coba Belajar Mengajar Tatap Muka, Wagub Ariza Pastikan Persiapan Optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *