Aksi Kemanusiaan NasDem Bantu Warga Sekitar Semeru

0
5

DAELPOS.com – Bencana erupsi Gunung Semeru yang meletus Sabtu (4/12) mengakibatkan kerusakan di berbagai wilayah. Salah satu daerah yang cukup terdampak adalah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sejak hari pertama erupsi, DPD NasDem Lumajang pun langsung turun membantu masyarakat.

Ketua DPW NasDem Jawa Timur, Sri Sajekti Sudjunadi bersama Ketua DPD NasDem Lumajang H. Charles Meikyansah juga hadir membantu secara langsung ke tempat bencana untuk memastikan bantuan kepada masyarakat dapat terdistribusikan dengan baik.

Ketua DPD NasDem Lumajang, H. Charles Meikyansah kepada nasdem.id mengatakan, Partai NasDem secara sukarela ikut menjadi bagian bersama tim relawan lainnya. Menurut dia, sejak awal bencana NasDem langsung menerjunkan personel terutama di bagian rescue yang sudah memiliki sertifikasi untuk turun langsung membantu proses penyelamatan.

    “Situasi di Lumajang saat ini masih dilakukan proses rescue dan evakuasi terhadap dugaan masih adanya korban dan lain-lain. Artinya, hari ini masih dilakukan proses pencarian evakuasi dan lain-lain dimana hari ini saja sudah ditemukan lagi beberapa jenazah yang tertimbun erupsi dari gunung semeru ini,” kata H. Charles saat dihubungi dari Jakarta, Senin (6/12).

Anggota DPR RI Fraksi NasDem itu pun menambahkan, NasDem Lumajang bersama DPD NasDem lain yang ada di sekitar Gunung Semeru seperti NasDem Jember, NasDem Malang, dan NasDem Gresik bersama-sama menurunkan segala kekuatan yang dimiliki untuk membantu meringankan beban masyarakat.

NasDem, kata dia secara khusus mendirikan posko-posko darurat dan dapur umum di berbagai lokasi di Lumajang diantaranya adalah di Sumber Mujur dan Pronojiwo. Total kata H. Charles sedikitnya ada empat posko yang menjadi sentra pembagian bantuan kepada masyarakat korban erupsi Gunung Semeru.

    “Bantuan berupa makanan siap saji kemudian juga makanan untuk anak, makanan untuk ibu menyusui. Kemudian juga hari ini kita sudah mulai menyusun untuk memberikan kepada mereka peralatan mandi kemudian obat-obatan, memberikan handuk dan kemudian juga baju-baju, baik baju luar maupun baju dalam untuk ibu, anak, maupun dewasa lainnya,” tambah H. Charles.

Charles melanjutkan, pada bencana meletusnya Gunung Semeru ini NasDem langsung melakukan semuanya sejak awal bencana. Mulai dari rescue, memberikan bantuan makanan hingga trauma healing. Menurut dia langkah tersebut merupakan instruksi langsung Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.

    “Ini merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum NasDem Bapak Surya Paloh yang kemudian diterjemahkan oleh DPP, DPW Jatim kemudian di DPD khususnya DPD Lumajang dan DPD sekitar Lumajang baik itu Jember, DPD Malang, kemudian juga DPD Gresik dengan DPD lain memberikan bantuan baik bersifat relawan orang maupun benda maupun barang-barang seperti beras, makanan siap saji hingga obat-obatan dan lainnya,” tambah dia.

NasDem menurut H. Charles akan terus menggulirkan bantuan dalam semua aspek. Selain rescue, yang terdekat adalah melakukan upaya trauma healing kepada anak-anak di sekitar lokasi bencana dengan bekerjasama dengan TK dan PAUD setempat agar tidak mengalami trauma berkepanjangan.

    “Bahkan DPW Jateng juga akan mengirimkan pasukan rescue khusus untuk melakukan penyelamatan atau melihat kondisi yang ada di Gunung Semeru tersebut,” kata H. Charles lagi.

Charles pun turut berduka dengan musibah yang terjadi di Gunung Semeru namun dia mengajak kepada masyarakat yang terdampak erupsi Semeru terutama warga Lumajang agar dapat bersabar dan mengambil hikmah dari musibah tersebut. Dia pun mengajak semua elemen untuk bersama-sama membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak letusan Semeru yang dahsyat tersebut.

    “Kemudian tetap mengikuti apa yang disampaikan oleh pihak-pihak terkait baik BNPB maupun pihak dari Basarnas karena beberapa kali masih ada erupsi-erupsi susulan yang juga bisa membahayakan nyawa dari mereka. Berharap mudah-mudahan bencana ini tetap menegarkan kita. Tetap kita sama-sama bergotong royong mengurangi beban dari saudara-saudara kita ini,” pungkas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here