Kolaborasi, Kunci Komunikasi DPMPTSP DKI Jakarta Menangkan Hati Masyarakat

0
3
foto istimewa

DAELPOS.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta kembali meraih penghargaan bergengsi, kali ini melalui kompetisi kinerja komunikasi dan kehumasan pemerintah tingkat nasional dalam Anugerah Ikatan Pranata Humas Indonesia (Iprahumas) 2022.

Adapun penghargaan yang berhasil diraih antara lain, Pemenang Anugerah Iprahumas kategori Instansi Pemerintah Provinsi dan Pemenang Kategori Duta Iprahumas yang diraih oleh Subkoordinator Urusan Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi, S.I.Kom., M.Si.

Atas pencapaian tersebut, Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengapresiasi kinerja komunikasi masyarakat terpadu dan kehumasan yang telah dilakukan oleh seluruh jajarannya. Pasalnya, prestasi ini menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan instansi pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sekaligus menjadi bukti dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima di Jakarta.

“Alhamdulillah, Prestasi ini menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan instansi kami dalam memenuhi hak-hak informasi publik serta mengelola aspirasi masyarakat terhadap urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan/nonperizinan di Jakarta,” ungkap Benni, Rabu (7/9/2022).

Lebih lanjut Benni menjelaskan bahwa Humas memiliki peran penting dalam sebuah instansi, yakni sebagai garda terdepan dalam hal penyampaian informasi publik, program kerja, layanan, kebijakan maupun berbagai capaian pemerintah. Humas juga sebagai “jembatan” antara organisasi dengan publiknya. Oleh sebab itu, Benni bersama jajarannya terus menguatkan fungsi komunikasi dan kehumasan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

“Dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima di Jakarta, tidak terlepas dari peran Humas Pemerintah yang menjembatani komunikasi antara perangkat daerah dengan publiknya. Kami terus aktif menyampaikan informasi, responsif terhadap pertanyaan, keluhan dan saran-saran dari masyarakat serta menjalin kolaborasi dengan pihak internal maupun eksternal,” imbuh Benni.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Republik Indonesia, Usman Kansong, menyampaikan bahwa Anugerah Iprahumas 2022 merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi dan kehumasan pemerintah di seluruh Indonesia yang memberikan kesempatan bagi praktisi Humas Pemerintah untuk meningkatkan potensi diri dan menumbuhkan semangat berkolaborasi dalam membangun bangsa dan meraih kepercayaan masyarakat.

“Kompetisi ini hanyalah sebagai pendorong untuk kita selalu mengembangkan diri dan meningkatkan potensi yang kita miliki. Kemenangan yang sesungguhnya, adalah ketika kita berkolaborasi dan bekerja bersama sehingga dapat memenangkan hati masyarakat untuk meraih kepercayaan dan partisipasi publik dalam membangun Bangsa,”tutur Usman saat mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sekaligus Dewan Juri Anugerah Iprahumas 2022.

Senada dengan hal tersebut, Deputi IV Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kantor Staf Presiden (KSP), Juri Ardiantoro, sebagai salah satu Dewan Juri Anugerah Iprahumas 2022 menyampaikan persepsi positif masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan akan memberikan dukungan dan energi luar biasa kepada pemerintah untuk bekerja secara serius dan sungguh-sungguh mewujudkan Indonesia Maju.

“Dari apa yang saya lihat dan saya nilai, para peserta telah menunjukkan kerja keras dan komitmen luar biasa. Hal ini menunjukkan bahwa masa depan komunikasi pemerintah akan semakin baik dan mudah-mudahan citra positif pemerintah akan juga membaik” ujar Juri.

Tingkatkan Perfoma Komunikasi Pemerintah

Ditemui secara terpisah, Subkoordinator Urusan Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi, mengaku bersyukur telah dipercaya sebagai Duta Iprahumassekaligus membawa kemenangan bagi DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam Anugerah Iprahumas 2022. Ke depannya, Rinaldi bersama komitmen amanah dan dedikasi sepenuh hati seluruh pimpinan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, bertekad untuk menjadikan komunikasi sebagai langkah strategis dalam organisasi.

“Komunikasi yang efektif menjadi bagian dari bangunan organisasi yang sukses. Saya percaya, komunikasi sebagai langkah strategis untuk mencapai tujuan organisasi” jelas pria yang akrab disapa Aldi tersebut.

Rinaldi menerangkan berbagai program komunikasi terpadu dan terintegrasi yang akan terus dilakukan oleh pihaknya dengan pendekatan komunikasi strategis yang dikemas secara kreatif dan edukatif, menghadirkan berbagai inovasi untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat mengakses pelayanan publik, serta menjalin kolaborasi dalam berbagai program kerja.

“Komunikasi yang efektif dan kolaboratif, menjadi ikhtiar kami untuk memenuhi harapan masyarakat dan bersama mewujudkan pelayanan publik yang prima di Jakarta” pungkas Rinaldi.

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta tercatat telah berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi baik dari Pemerintah Pusat maupun Lembaga Swasta yang kredibel di Indonesia, total 49 Penghargaan dan 6 Sertifikasi Internasional berhasil diraih dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Sementara itu, Ketua Umum Iprahumas, Thoriq Ramadani mengungkapkan bahwa Anugerah Iprahumas merupakan salah satu Program Kerja Nasional Iprahumas periode 2022-2024 dan menjadi penyemangat juga barometer Humas Pemerintah Indonesia untuk berprestasi dan menebar manfaat.

“Menjadi anggota organisasi profesi merupakan amanah sebagai pejabat fungsional di lingkungan pemerintah. Semoga Iprahumas semakin menebar manfaat dan menjadi organisasi profesi pranata humas unggulan dalam mendukung pengelolaan komunikasi informasi publik,” tandas Thoriq.

Dalam perhelatan akbar Organisasi Profesi Pranata Humas Pemerintah tersebut, Anugerah Iprahumas memberikan penghargaan melalui serangkaian penilaian dewan juri dalam kompetisi kinerja komunikasi dan kehumasan pemerintah di Indonesia. Anugerah Iprahumas 2022 diberikan kepada instansi Pemerintah dengan Subkategori Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Kotamadya; Pranata Humas dari tingkat tertinggi Madya sampai dengan tingkat Pranata Pelaksana, dan; Pemilihan Duta Iprahumas.

Selain itu, Anugerah Iprahumas juga memberikan penghargaan pada kategori Tokoh Humas Nasional yang telah memberikan sumbangsih dalam memajukan kehumasan di tanah air dan berdasarkan penilaian berbasis media massa serta media sosial, di antaranya: Lifetime Achievement Bidang Komunikasi yang dipersembahkan kepada Prof. M. Alwi Dahlan, Ph.D dan Lifetime Achievement Bidang Informasi Kesehatan kepada Dr. Achmad Yurianto. (Alm).

Selanjutnya, Tokoh Humas Nasional Subkategori Informasi Kesehatan diberikan kepada Prof. drh. Wiku Adisasmito, M.Sc., Ph.D. dan Tokoh Humas Subkategori Komunikasi Ekonomi Digital kepada Angkie Yudistia. Adapun Dewan Juri Anugerah Iprahumas 2022 antara lain: Usman Kansong, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo RI; Alex Denni, Deputi SDM Aparatur KemenPANRB RI; Juri Ardiantoro, Deputi IV Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kantor Staf Presiden (KSP); Asmono Wikan (Anggota Dewan Pers, Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi); Maria Wongsonagoro (PR Consultant sekaligus President Director of IPM Public Relations) dan Praktisi serta Akademisi Komunikasi/Kehumasan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here