Jaga Integritas, Tingkatkan Pengetahuan Substantif

0
5

DAELPOS.com – Sebagai bagian dari tugas dan bentuk pelayanan kepada pimpinan, bagian keprotokolan dan persidangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki fungsi dan posisi strategis. Keterlibatan disetiap pertemuan dan rapat, menuntut bagian dari Biro Umum ini memiliki integritas yang kuat serta pengetahuan yang cukup.

Hal ini disampaikan Plt Deputi Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat saat membuka acara Peningkatan Kapasitas Tenaga Notulensi di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Tahun 2022, yang digelar di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022).

“Saya cuma titip, kalau tadi masalah kompetensi diajarkan besok, saya cuma titip dua, pertama integritas, kedua pengetahuan substantif,” ujar Purwoto.

Menurut dia, integritas mampu menjaga amanah dengan baik. Sementara pengetahuan substantif bisa ditingkatkan melalui edukasi terkait hukum kepemiluan baik Undang-undang (UU) maupun Peraturan KPU (PKPU). “Kalau memiliki ini, maka kita bisa cepat menulisnya. Yang punya latar belakang teknis cepat dia tulisnya. Jadi tolong kita tidak hanya punya kemampuan notulensi saja tapi pengetahuan substansi,” tambah Purwoto.

Senada, Inspektur Wilayah I, M Syahrizal Iskandar yang hadir terpisah mengatakan bagian keprotokolan dan persidangan memiliki peran yang strategis dalam mendukung kerja-kerja kepemiluan. Hasil rapat maupun pleno bisa tersampaikan dan terdokumentasikan dengan baik, berkat hasil penulisan yang tepat.

Sementara itu Plh Kabag Protokol dan Persidangan Mardia Sukma Sari Holle menjelaskan tujuan diselenggarakannya peningkatan kapasitas tenaga notulensi ini guna mengasah kemampuan dan meningkatkan kinerja pegawai. Dia juga menyampaikan kegiatan ini diperuntukkan tidak sebatas bagian persidangan dan risalah tapi bagi seluruh staf KPU. “Kegiatan ini juga sesuai UU ASN dimana bimtek ditujukan untuk peningkatan kompetensi,” tambah Sukma. 

Turut hadir pada kegiatan ini, Kabag Rumah Tangga Biro Umum KPU, Eko Iswantoro. (h

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here