Jelang Acara Puncak Sail Tidore 2022, Mendagri Tinjau Persiapan di Pantai Tugulufa

DAELPOS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meninjau persiapan pelaksanaan acara puncak Sail Tidore 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Jumat (25/11/2022). Acara puncak Sail Tidore 2022 dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 26 November 2022.

Mendagri tiba di Kota Tidore Kepulauan bersama sejumlah pejabat Kemendagri. Mereka di antaranya Stafsus Menteri Bidang Pemerintahan Muchlis Hamdi, Stafsus Menteri Bidang Politik dan Pembentukan Jaringan Apep Fajar Kurniawan, Stafsus Menteri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga, Stafsus Menteri Bidang Keamanan dan Hukum Sang Made Mahendra Jaya, serta pejabat terkait lainnya.

Kehadiran Mendagri dan rombongan disambut oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi yang lebih dulu tiba di Kota Tidore Kepulauan. Mendagri juga disambut oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, serta pejabat terkait lainnya.

Setibanya di Pantai Tugulufa, Mendagri yang merupakan Ketua Panitia Acara Puncak Sail Tidore 2022 langsung menyusuri lokasi acara. Mendagri meninjau sejumlah tempat, seperti lokasi pameran, ruang transit undangan, dan tempat lainnya. Saat di tempat pameran, Mendagri sempat berbincang dengan petugas yang berjaga di masing-masing stan. Adapun pameran tersebut menampilkan sejumlah produk dari kementerian/lembaga, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah setempat.

Dalam arahannya, Mendagri mengatakan, suksesnya puncak acara menjadi indikator keberhasilan Sail Tidore 2022. Hal ini sekaligus menjadi ajang promosi bagi Kota Kepulauan Tidore. “Bagusnya acara puncak menunjukkan Sail Tidore ini baik. (Acara puncak yang) kurang bagus akan memberikan kesan kurang baik,” ujar Mendagri.

Dirinya merinci sejumlah aspek yang perlu diperhatikan dalam gelaran puncak acara Sail Tidore 2022. Pehatian itu diberikan mengingat gelaran ini bakal dihadiri banyak pihak seperti pemerintah daerah (Pemda) seluruh Indonesia dan perwakilan negara asing. Sejumlah aspek yang perlu diperhatikan itu meliputi penyambutan, penginapan, arus lalu lintas transportasi menuju tempat acara, dan sebagainya. Sejumlah aspek tersebut penting diperhatikan karena akan memberikan kesan para tamu undangan terhadap Kota Tidore Kepulauan.

Di lain sisi, Mendagri mengapresiasi sejumlah pihak yang turut terlibat dalam menyukseskan gelaran tersebut. Diketahui, banyak pihak yang bergotong royong menyiapkan kebutuhan gelaran Sail Tidore 2022. “Saya mendengar gotong royong semua untuk melakukan persiapan (seperti) mengecat dan lain-lain. Ini bagus sekali, sekaligus juga untuk kebersamaan,” terang Mendagri.

Dirinya berharap, puncak acara Sail Tidore 2022 dapat berjalan aman, lancar, sukses, dan membuat nama Kota Tidore Kepulauan mendunia. Diketahui, Sail Tidore 2022 mengusung tema “Tidore Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa”. Kegiatan ini diharapkan mampu mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa daerah tersebut merupakan pusat kegiatan ekonomi yang penting.

Follow kami di social media

admin

Read Previous

DPRD Sepakati RAPBD DKI 2023 Sebesar Rp 83,78 Triliun

Read Next

Tutup Pelatihan Bela Negara, Menteri Basuki: Jiwai Nilai-Nilai Integritas, Kedisiplinan, Kejuangan dan Pengabdian dalam Menjalankan Tugas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *