Pemprov DKI Dukung Pengembangan Kreativitas dan UMKM di M Bloc

DAELPOS.com –  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh optimalisasi kawasan M Bloc Space sebagai wadah untuk pengembangan program-program kreatif yang melibatkan kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Hal ini ditegaskan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono usai melakukan diskusi dengan Wakil Menteri II BUMN RI bersama jajaran BUMN PT Peruri dan PT Peruri Properti (Pepro), di Kawasan M Bloc Space, Jakarta Selatan, Jumat (25/11) sore.

“Saya mengapresiasi pengembangan kawasan ini sebagai ruang interaksi publik. Pemprov DKI Jakarta support ini, dan ketika ini menjadi suatu area pertemuan anak-anak (generasi) muda, maka artinya Pemprov mendukung pengembangan kreativitas dan UMKM,” ungkap Pj Gubernur Heru saat memberikan keterangan pers.

Sebagaimana diketahui, ruang publik tersebut dibangun dengan konsep kolaborasi produk-produk kreatif lokal yang bergerak di bidang musik, fesyen, kuliner serta bentuk kegiatan kreatif lainnya. Pj Gubernur Heru pun mengapresiasi PT Peruri Properti atau Pepro (anak usaha PT Peruri) selaku pengembang kawasan M Bloc Space dan ruang kreatif lainnya yang berupaya untuk membangkitkan dan mengembangkan para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

Sementara itu, Wakil Menteri II BUMN RI, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa Kementerian BUMN bersama Pemprov DKI Jakarta akan terus melakukan kerja sama terkait pengembangan kawasan M Bloc Space maupun kawasan Blok M. Ke depannya BUMN bersama Pemprov DKI juga akan melakukan pengembangan integrasi kawasan dan transportasi.

“Kita di BUMN punya banyak aset, di DKI Jakarta ini tentunya kami mendukung program Pak Gub. Ada 3 kawasan, yang pertama Sarinah yang sudah kita develop. Kemudian ada kawasan di Pasar Baru, Pos Bloc, nanti juga akan diresmikan. Itu satu kawasan akan terintegrasi dengan Lapangan Banteng. Nah ini Peruri, kita akan jadikan kawasan Blok M yang membangunkan memori mengenai Blok M yang dulu. Sehingga menjadi kawasan yang otentik, sesuai dengan anak-anak muda Jakarta,” ujarnya.

Diharapkan dengan hadirnya integrasi kawasan dan transportasi ini masyarakat Jakarta semakin merasakan manfaat dari berbagai sarana umum dan transportasi yang dikembangkan bersama. “Dan nanti bersama Pak Gub juga banyak renovasi untuk integrasi transportasi antara Transjakarta, MRT diintegrasikan dengan LRT nanti yang beroperasi di bulan Juni/Juli  tahun depan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Peruri, Dwina Septiani Wijaya berharap pengembangan dan optimalisasi kawasan M Bloc Space tentunya akan diselaraskan dengan rencana tata kota Pemprov DKI Jakarta. Di mana akan menghadirkan ruang interaksi publik yang hijau dan mendukung pengembangan kreativitas para seniman, pelaku ekonomi kreatif, dan UMKM.

“Jadi kalau sebelumnya ini 6.000 meter, kita punya kawasan 5,4 ha, itu besar sekali. Dan ini yang kemudian kita selaraskan juga dengan rencana tata kota menjadikan kawasan ini revitalisasi dari kawasan Blok M dan juga menghadirkan kawasan hijau dan juga ke depannya mungkin cara hidup baru yang lebih digital, juga mendukung kreativitas dan UMKM yang selama ini sudah kami rintis. Tapi kami melakukannya dalam size yang lebih besar lagi,” paparnya.

Follow kami di social media

admin

Read Previous

KPK Tinjau Mal Pelayanan Publik di Bali

Read Next

Presiden Tinjau Posko RS Sayang Cianjur, Pastikan Logistik Hingga Pasokan Listrik PLN Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *