Konsisten Terapkan K3, Pertamina Raih 6 Penghargaan WISCA

0
29

 

DAELPOS.com – Komitmen dan konsistensi Pertamina dalam menjalankan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara berkelanjutan mendapat pengakuan dunia.

Pertamina berhasil meraih 6 penghargaan bergengsi dari World Safety Organization Indonesia Safety Culture Award (WISCA). Enam penghargaan tersebut diraih Badak LNG (3 penghargaan), Kilang Pertamina Plaju (1 penghargaan), PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai (1 penghargaan) dan Nusantara Regas (1 penghargaan).

President Director & CEO Badak LNG Achmad Khoiruddin mengatakan untuk mendapatkan penghargaan ini, Badak LNG mengikuti proses verifikasi ketat oleh Tim verifikator yang memeriksa secara teliti upaya-upaya yang dilakukan Badak LNG dalam membangun dan mempertahankan budaya keselamatan unggul di lingkungan Perusahaan.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama seluruh pihak di Badak LNG. Kami akan terus berupaya untuk menerapkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja dengan standar terbaik,” ungkap Khoiruddin.

General Manager RU III Yulianto Triwibowo mengatakan, perwira RU III Plaju terus komitmen dan konsisten menerapkan program budaya HSSE.

Apresiasi ini, kata dia, diharapkan memacu semangat untuk mempertahankan dan meningkatkan implementasi safety culture di lingkungan Kilang Plaju Plaju menuju level Generative dengan menerapkan dan meningkatkan kesadaran terhadap aspek HSSE sebagai budaya.

General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan wujud nyata apresiasi atas komitmen PT KPI Unit Dumai yang senantiasa menjunjung tinggi aspek budaya K3 di lingkungan perusahaan.

“Apresiasi ini merupakan buah dari disiplin seluruh Perwira di PT KPI Unit Dumai yang terus berkomitmen dalam mematuhi aspek safety. Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk menjadi lebih baik ke depannya,” ungkap Didik Subagyo.

Kepala Departmen HSSE NR, Erwin Jonathan mengatakan Nusantara Regas terus menjadi pelopor dan konsisten dalam menghadirkan budaya keselamatan yang unggul dalam industri energi, salah satu tujuannya ialah meningkatkan aspek ESG dalam mendukung nilai Perusahaan.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih atas anugerah penghargaan WISCA-WPSCA 2024. Ini menegaskan bahwa NR memprioritaskan keselamatan dan memastikan operasi kami selalu mematuhi standar keselamatan tertinggi,” ujar Erwin Jonathan.

Penghargaan WISCA diberikan kepada perusahaan atas pencapaian kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang telah diimplementasikan oleh Peserta WSO Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA-WPSCA) 2024 khususnya dalam membangun budaya keselamatan (safety culture).

Beberapa poin utama yang menjadi penilaian oleh Tim WSO mencakup metode pengukuran level budaya yang digunakan, evaluasi hasil pengukuran level budaya, review program Budaya yang dijalankan dalam perusahaan dan kinerja K3 secara umum termasuk penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Perusahaan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan sebagai perusahaan energi kelas dunia Pertamina senantiasa menerapkan HSSE secara ketat di seluruh operasional bisnis.

“Penerapan HSSE merupakan prioritas utama perusahaan dalam menjalan bisnis berkelanjutan. Pertamina selalu komitmen menerapkan zero accident,’ ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here