Perkuat Ekonomi, Perbanas Rekomendasikan “Layanan Keuangan Nusantara”

DAELPOS,com – Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) memberikan rekomendasi Layanan Keuangan di Nusantara kepada pemerintah untuk pengembangan industri keuangan di Tanah Air. Rekomendasi yang tertuang dalam Pokok Pemikiran Layanan Jasa Keuangan Nusantara itu, diserahkan Perbanas kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (6/11). Menurut Wakil Ketua Umum Perbanas Farid Rahman, layanan keuangan merupakan salah satu aspek penting bagi pertumbuhan ekonomi dan

kemakmuran sebuah negara. Pasalnya, pemberi layanan keuangan seperti perbankan dan institusi keuangan lainnya berperan dalam melakukan empat fungsi sosial utama yaitu Membiayai perekonomian untuk membantu permodalan infrastruktur dan bisnis, melindungi masyarakat lewat tabungan dan asuransi, mendukung perdagangan melalui layanan pembayaran baik luring (offline) maupun daring (online), dan pengembangan SDM melalui edukasi keuangan kepada masyarakat.(7/11/2019)

“Melihat pentingnya peran tersebut dan semakin berkembangnya layanan keuangan, maka sektor keuangan harus mampu berinovasi dan tidak hanya melihat tantangan dengan pendekatanan tradisional. Untuk itu kami memperkenalkan Layanan Keuangan di Nusantara sebagai bentuk rekomendasi kami kepada pemangku kepentingan untuk bersama-sama memperkuat industri keuangan Indonesia,” kata Farid.

Dalam Layanan Keuangan Nusantara, Perbanas merekomendasikan hal baru yang akan diterapkan industri, seperti mendorong inovasi serta meningkatkan kolaborasi dalam sektor keuangan.

Saat ini, lanjut Farid, kontribusi langsung sektor keuangan bagi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai USD44 miliar, sementara kontribusi tidak langsungnya seperti penyaluran pembiayaan bagi pengusaha dan rumah tangga, mencapai USD400 miliar.

“Seiring dengan perkembangan, kami akan bertransformasi dengan meningkatkan experience dan kualitas layanan, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dengan mendidik 2,5 juta talenta di sektor keuangan terkait teknologi digital dan keahlian baru lainnya hingga 2025,” ujar Farid.

Perlu Dukungan Pemerintah dan Regulator

Ketua Steering Committee IBEX 2019 Ahmad Siddik Badruddin mengatakan, transformasi industri keuangan yang didorong Perbanas lewat Layanan Keuangan Nusantara bertujuan untuk membawa industri ke level yang lebih tinggi. Untuk itu, perlu dukungan regulator agar Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dari pemain utama dunia. (RED)

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Presiden Jokowi Turut Berbahagia untuk Jusuf Kalla di HUT ke-55 Golkar

Read Next

Kepala BKKBN Rapat Pertama Dengan Komisi IX DPR RI,Visi Dan Misi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *