Resmi, Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia

DAELPOS.com – PSSI Resmi Shin Tae-yong menjadi pelatih timnas Indonesia setelah diperkenalkan oleh PSSI di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (28/12/2019) siang.

Dalam penandatangan kontrak, hadir juga Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto dan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha.

Tae-yong menyepakati kontrak berdurasi panjang untuk melatih Timnas Indonesia. Dalam peresmian itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyerahkan jersey Timnas Indonesia dengan nomor punggung 1 kepada Shin Tae-yong.

Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI, juga meminta pelatih asal Korea Selatan itu menggunakan jaket Timnas Indonesia.

“Secara garis besar, kami sampaikan pelatih Timnas Indonesia yang selama ini menjadi teka-teki. Tentunya publik bertanya kenapa PSSI pilih Shin Tae-yong. Pertemuan sudah dua hari, puncaknya kemarin, Jumat (27/11). Dia menyampaikan strateginya secara mendetail,” kata Iwan Bule.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut sudah diisukan melatih  Merah-Putih  pada beberapa bulan terakhir, dan telah bertemu PSSI beberapa kali untuk presentasi.

Tae-yong punya rekam jejak membawa membawa Seongnam menjadi juara Liga Champions Asia 2010, hingga melatih Korsel pada Piala Dunia 2018.

Pengalaman Tae-yong yang pernah melatih timnas junior Korsel membuat PSSI juga memberinya jabatan sebagai pelatih timnas junior Indonesia, khususnya U-20.

“Tantangan terdekat, harapan saya timnas bisa mencapai yang terbaik ketika melawan Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab pada Kualifikasi Piala Dunia. Berharap bisa tampil maksimal sehingga menyampaikan kepada publik bahwa ada perubahan,” ucap Iriawan.

Tae-yong mendapat tugas berat dari PSSI. Dia harus membantu Timnas Indonesia meraih kemenangan di laga tersisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada ajang ini, Skuad Garuda selalu menelan kekalahan dari lima laga yang sudah dimainkan.

“Tantangannya terdekat, saya minta dia membuat Timnas Indonesia bisa mencapai prestasi terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kami ingin dia beradaptasi secepat mungkin karena PSSI berniat menyampaikan perubahan kepada publik kalau Timnas Indonesia sudah ada perubahan,” tambah Iriawan.

Iriawan menambahkan ada Piala AFF di semester kedua tahun 2020. (Dalam pemilihan pemain) Shin tertarik kepada U-22 yang bermain di Manila tapi bakal dikombinasikan dengan pemain senior.

Tae-yong, sosok berusia 50 tahun itu membawa tiga asisten, yaitu Gong Oh-kyun, pelatih kiper Kim Hae-woon dan Lee Jae-hong (fisik). Oh-kyun merupakan asisten Tae-yong di Korsel U-20. Kontrak jangka panjang diberikan PSSI untuknya, dengan durasi empat tahun. Ditambah akan ada pelatih lokal yang turut membantu Tae-yong. [WUR]

Follow kami di social media

admin

Read Previous

Jaksa Agung Cekal 10 Orang Dugaan Pelaku Korupsi PT Asuransi Jiwasraya

Read Next

Cek Kesiapan Pilkada Bengkayang, Pangdam Tekankan Deteksi Dini Potensi Kerawanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *