86 Persen Binaan Rumah BUMN Pertamina Klungkung Jadi UMK Naik Kelas

by -6 Views

DAELPOS.com – PT Pertamina (Persero) terus menunjukkan kepedulian kepada kepada para mitra binaannya. Kini giliran Rumah BUMN (RB) Klungkung yang disambangi oleh Pertamina pada Kamis (17/6). Dalam kunjungan tersebut, banyak disampaikan kemajuan yang dialami oleh satu-satunya bagian dari RB Pertamina di Pulau Dewata tersebut.

Hingga saat ini, RB Klungkung memiliki 472 UMK binaan yang tidak hanya berlokasi di Kabupaten Klungkung saja, melainkan di beberapa kota terdekat seperti Denpasar dan lainnya. Fokus utama yang diterapkan pada mitra binaan barunya adalah pembenahan produk-produk UMK. Yakni melalui pelatihan dan klinik bisnis, serta kegiatan stakeholder engagement ke beberapa Dinas terkait di Kabupaten Klungkung.

“Sesuai dengan roadmap pembinaan UMK Pertamina, dari kondisi tradisional akan dibina hingga naik kelas menjadi Go Modern dan terus berjenjang hingga menjadi UMK Go Global,” terang Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman.

Kesuksesan itu pun terbukti, dari 472 binaan sebanyak 11 persen atau 56 UMK di antaranya telah naik kelas menjadi UMK Go Digital. Mereka adalah para binaan yang telah memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi dan pemasaran produk binaan RB Klungkung ini.

Tidak berhenti disitu, perkembangan selanjutnya yakni dari 56 UMK di kelas Go Digital, sebanyak 39 persen atau 22 binaan telah naik kelas menjadi UMK Go Online. Mereka dikelompokkan pada kelas ini karena telah mahir dalam mempromosikan produknya melalui marketplace maupun website yang telah dirancang untuk menjual produknya.

“Di sinilah puncaknya, RB Klungkung telah mampu mengantarkan 8 binaannya atau 36 persen dari tahap Go Online menjadi UMK Go Global. Mereka telah menjual produk-produknya hingga luar negeri dan hingga melakukan ekspor. Jumlah ini akan terus ditingkatkan seiring dengan potensi wisata Bali yang juga terus berkembang,” imbuhnya.

Dalam tinjauannya secara langsung, Vice President CSR and SMEPP Management Pertamina, Arya Dwi Paramita menjelaskan, potensi yang dimiliki RB Klungkung tersebut sangatlah besar. Baik dari segi lokasi maupun keberagaman sektor binaannya yang cukup beragam.

“Peran para Supervisor RB Klungkung juga sangat besar. Selain memberikan pendampingan secara rutin, mereka juga kerap membantu memasarkan produk binaan ke media sosial dan marketplace yang dikelola oleh RB Klungkung,” katanya.

RB Klungkung sendiri terletak di Jalan Mahodara Banjar Sangging, Desa Kamasan, Kabupaten Klungkung, Bali. Lokasi RB Klungkung berjarak sekitar 2 km atau 15 menit perjalanan dari Alun-Alun kota. Memiliki akses yang mudah dijangkau melalui transportasi yang tersedia.

Menurut Fajriyah, melalui Rumah BUMN, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. 

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.