Anies Apresiasi IIA 2022, Gelar Ajang 62 Perempuan Penggerak Jakarta

0
3

DAELPOS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh upaya untuk meningkatkan kolaborasi dan pengembangan potensi 62 perempuan penggerak Jakarta yang telah menjadi keluarga besar Ibu Ibukota Awards (IIA) sejak 2019−2021. Setelah empat tahun menggali cerita sosok Ibu Ibukota dari berbagai sudut Jakarta, tahun ini IIA 2022 mengajak #BertemuKembali dan mengapresiasi para sosok serta seluruh kolaborator yang menemani tumbuhnya gerakan ini sejak awal.

IIA 2022 menggelar Ajang Apresiasi dan Puncak Perayaan Gerakan #AksiHidupBaik 62 perempuan penggerak Jakarta yang berlangsung di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa malam (11/10). Selain itu, acara digelar secara daring serempak di 53 kelurahan melalui kanal YouTube Ibu Ibukota.

“Di tahun ini, kami tidak lagi mencari sosok baru. Kami menjadikan momen ini untuk bertemu kembali. Tujuannya adalah untuk menggali lebih jauh cerita #AksiHidupBaik para sosok, mengembangkan potensi, serta memaksimalkan kolaborasi dari 62 sosok yang telah menjadi keluarga besar Ibu Ibukota Awards sejak 2019−2021,” ujar  Fery Farhati, penggagas Ibu Ibukota Awards dalam sambutannya di acara IIA 2022.

Lebih lanjut, Fery menambahkan bahwa semangat #AksiHidupBaik yang diusung menjadi magnet untuk saling berkolaborasi, bahu membahu guna mewujudkan Kota Jakarta  yang lebih humanis dan penuh harapan. “Momen apresiasi ini merupakan momen persembahan untuk para sosok Ibu Ibukota di seluruh Jakarta sebagai wujud rasa syukur dan penghargaan kami kepada seluruh teman #AksiHidupBaik atas dedikasi dan kerja tulus yang dilakukan untuk Jakarta,” jelasnya.

Fery pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung perjalanan Ibu Ibu Kota sejak tahun 2019-2022. Apresiasi turut disampaikannya kepada 62 sosok perempuan penggerak Jakarta.

“Terima kasih telah memberikan napas kebaikan yang tulus untuk Jakarta dengan menjadi sosok penggerak yang terus belajar dan mengajar ilmu serta keterampilan yang dimiliki demi kesejahteraan warga di sekitarnya. Terima kasih karena telah menghangatkan dan menyatukan hati kami, menginspirasi kami untuk lebih berempati terhadap lingkungan sekitar, serta memantik kami untuk turut bergerak,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi kehadiran IIA 2022 sebagai wahana untuk memunculkan sosok ibu-ibu yang memberi manfaat besar bagi lingkungannya. Sehingga harapannya dapat menginspirasi lebih banyak lagi perempuan untuk bergerak, berinovasi, dan melakukan terobosan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang maju kotanya dan bahagia warganya.

“Saya merasa bangga menyaksikan bermunculannya pribadi-pribadi luar biasa, ibu-ibu hebat yang terlibat dalam aksi hidup baik yang sekarang ini bermunculan ke permukaan. Mereka sudah ada di masyarakat tapi senyap, sunyi tak terlihat, begitu ada Ibu Ibukota mereka muncul ke permukaan dan menginspirasi, dan menjadi rujukan bagi semua,” papar Gubernur Anies.

“Apa yang sudah dikerjakan beberapa tahun ini melibatkan banyak pihak karena kebaikan itu menular. Karena apa yang dikerjakan ibu-ibu ini punya efek tular dan membuat banyak orang yang menyaksikan ingin membantu dan mengerjakan hal serupa. Ini adalah inspirasi yang kita butuhkan di kota kita,” tambahnya.
Perlu diketahui, momen apresiasi IIA 2022 adalah puncak rangkaian dari berbagai kegiatan yang telah diadakan tahun ini. Pada Juli lalu digelar acara TEMALI (Temu Kembali) Ibu Ibukota sebagai ajang rembuk pendapat dan memperkuat kolaborasi antar sosok untuk keberlanjutan gerakan. Selanjutnya pada bulan Juni diadakan BEKALI (Belajar Kembali) agar para sosok dapat meningkatkan keterampilan mereka sebagai penggerak masyarakat dalam berbicara, memecahkan masalah, serta tampil menarik di depan publik. Pada September, selama sebulan penuh, para sosok Ibu Ibukota mengikuti kegiatan Bulan Kolaborasi bekerja sama dengan hampir 40 media dan komunitas melalui lokakarya, seminar, dan sebagainya.

Dalam Puncak Perayaan IIA 2022, seluruh sosok Ibu Ibukota yang hadir diberikan sebuah selendang batik hasil kolaborasi antara Hijasmita, Artuready, dan Dcraft Indonesia sebagai wujud apresiasi atas berbagai pemberdayaan yang mereka lakukan bagi keluarga-keluarga di Jakarta. Penghargaan diberikan untuk lima bidang gerakan yang mereka lakukan yaitu :
1. Bidang lingkungan : diberikan oleh Mahariah Sandre (Founder Yayasan Rumah Literasi Hijau) dan Suzi Marsitawati (Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta)
2. Bidang Kesehatan : diberikan oleh Widyastuti (Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) dan Lily S. Sulistyowati (Kepala Sentra Laktasi Indonesia).
3. BidangPendidikan : diberikan oleh Nahdiana (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta) dan Elidawati Ali Oemar (Founder Elzatta Hijab)
4. Bidang Kewirausahaan :  diberikan oleh Helianti Hilman (Founder Javara Indonesia) dan Elisabeth Ratu Rante Allo (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta)
5. Bidang Pemberdayaan : diberikan oleh Tuty Kusumawati (Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta) dan Shantica Warman (Freelance Writer, Eks-Pimpinan Redaksi Herworld Indonesia)

Ajang ini turut dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria; serta para Pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Acara IIA 2022 semakin meriah dan apresiatif karena dikemas oleh Dodi Isnaini sebagai music director dan Upie Guava sebagai video director. Ditambah pula dengan penampilan dari paduan suara SMAN 78 Jakarta yang membawakan lagu Ibu Ibukota, Zefanya J. Hutagaol, siswi berprestasi dari SMPN 219 Jakarta, serta penampilan penutup dari Adera dan Ebiet G Ade.

Perjalanan IIA 2022 terwujud atas kerja sama lebih dari 70 relawan dari berbagai usia dan profesi. Ajang Apresiasi IIA juga mendapat dukungan penuh dari PT Paragon Technology and Innovation; PT Jakarta Infrastruktur Propertindo; PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk; Bank DKI; JakPreneur, Komunitas-Komunitas: Teruntuk Project, Buibu Baca Buku Book Club, Sobat Air Jakarta, Bale Buku Jakarta, Bantu Guru Belajar Lagi, Sahabat Gizi, Ibu Punya Mimpi, Food Bank of Indonesia, I Am Okay, Minimalist Moms Indonesia, Bersama Mama, Fun Garden Literacy, Plus Jakarta, Beri Harapan Indonesia, World Cleanup Day Indonesia, Parenting Is Easy dan Peri Bumi serta seluruh teman #AksiHidupBaik.

Tentang Ibu Ibukota Awards

Ibu Ibukota Awards merupakan wadah apresiasi yang mengangkat cerita perempuan penggerak #AksiHidupBaik yang ada di Jakarta. Digagas oleh Fery Farhati, Ibu Ibukota Awards pertama kali diselenggarakan pada 2019 dan berlanjut setiap tahunnya. Ajang apresiasi ini bertujuan agar masyarakat menjadi lebih empati dan peduli dengan situasi yang ada di sekitar, sehingga tergerak melakukan #AksiHidupBaik di lingkungan sekitarnya.

Penyelenggaraan Ibu Ibukota Awards melibatkan kerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta serta dukungan dari Pemprov DKI Jakarta. Selengkapnya kunjungi website ibuibukota.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here