Hanya Ada di Sini, Donor Darah Berhadiah Paket Sembako

by -180 Views

 

DAELPOS.com – Bakti sosial donor darah menjadi agenda rutin PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap setiap 3 bulan. Berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, kegiatan ini selalu menyedot antusiasme ribuan peserta donor darah.

Terlebih dalam beberapa kali kegiatan, fungsi Health Kilang Cilacap sebagai penyelenggara donor darah selalu menyiapkan paket sembako gratis. Seperti yang dilakukan beberapa waktu yang lalu di gedung Patra Graha, komplek Head Office Kilang Cilacap.

Dari jadwal donor darah pukl 08.00 WIB, peserta donor dari unsur pekerja, mitra kerja dan masyarakat umum sudah memadati area gedung Patra Graha sejak pukul 06.30 WIB.

Section Head Health Kilang Cilacap, dr. Bernard L. Tobing menuturkan donor darah merupakan wujud kolaborasi dengan PMI Cilacap dalam memenuhi ketersediaan stok darah. “Kami sudah menjalin MoU dengan PMI untuk donor darah ini rutin setiap 3 bulan. Terimakasih kepada seluruh peserta yang senantiasa ikhlas mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Lanjut dia pemberian paket sembako kepada peserta donor sebagai ungkapan apresiasi perusahaan kepada seluruh peserta donor. “Kesempatan ini juga kami manfaatkan untuk saling berbagi paket sembako. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” imbuh Bernard.

Ditambahkan dari total 1.012 pendaftar donor darah, diperoleh 925 kantong darah. “Artinya ada 87 pendaftar yang tidak bisa diambil darahnya karena kondisi tertentu berdasarkan pemeriksaan awal. Semoga bapak dan ibu peserta donor darah tetap terjaga kesehatannya dan berjumpah lagi di donor darah berikutnya,” kata Bernard.

Susanawati, warga Kelurahan Tambakreja menyampaikan penghargaan tinggi kepada Kilang Pertamina Cilacap atas pelaksnaaan donor darah yang disebutnya cukup kreatif. “Terimakasih sekali, kami jadi bisa rutin donor darah di tempat yang lebih dekat dari rumah dan pulang membawa paket sembako. Senang sekali rasanya,” katanya.

Terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Cilacap, Cecep Supriyatna menyampaikan dukungan penuh pada kegiatan rutin donor darah. “Luar biasa, donor darah tetap sustain sampai saat ini dengan peserta yang selalu membeludak. Semoga menjadi amal baik untuk kita semua,” ungkapnya.

Menurut Cecep, konsistensi bakti sosial donor darah ini juga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) terutama pada tujuan ketiga dan ketujuh belas. “Tujuan ketiga adalah kesehatan yang baik dan kesejahteraan, dan ketujuh belas adalah kemitraan untuk mencapai tujuan,” imbuhnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina mengapresiasi setiap program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) seperti yang dilakukan PT KPI.

“Program TJSL sangat membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi sehingga terbangun hubungan erat Pertamina dengan masyarakat,” ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.