Progres Mencapai 78,9%, Kantor Kemenko 1 di Kawasan Inti IKN Digunakan untuk Akomodasi Petugas Upacara HUT ke-79 RI

by -22 Views

 

DAELPOS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (24/6).

Dikatakan Menteri Basuki Kantor Kemenko 1 akan digunakan sebagai salah satu akomodasi petugas upacara HUT Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 yang akan diselenggarakan di IKN. “Kantor Kemenko 1 akan menampung petugas upacara 17 Agustus di IKN,” kata Menteri Basuki.

Untuk menambah kenyamanan para petugas upacara, Menteri Basuki minta untuk ditambahkan kamar mandi temporer di setiap lantai. Sebab hanya terdapat 6 kamar mandi permanen di setiap lantai. “Kami akan siapkan 10 kamar mandi portable di setiap lantai. Walaupun hanya menginap di sini satu dua hari tapi kan orang butuh mandi. Kamar mandi portable yang penting bersih, air sudah masuk tidak perlu pakai tanki lagi,” ujar Menteri Basuki.

Kantor Kemenko 1 yang akan digunakan sebagai akomodasi petugas upacara adalah Tower 1 lantai 1-3 yang ditargetkan rampung pada 7 Juli 2024. Kantor Kemenko 1 terdiri dari 4 tower di mana setiap tower terdiri dari 6 lantai dan 1 lantai semi basement yang dilengkapi dengan lift panoramic. Saat ini progres pembangunan secara keseluruhan mencapai 78,9%. Kantor Kemenko 1 dapat menampung total 1.345 ASN yang terdiri dari menteri, jajaran eselon 1 dan 2, ASN dan staf.

Pekerjaan Kantor Kemenko 1 dimulai pada 30 Desember 2022 dengan nilai kontrak Rp 745,7 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya Bangunan Gedung. Lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan perencanaan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan MEP, pekerjaan interior, pekerjaan lansekap, pekerjaan kawasan dan pencapaian Bangunan Gedung Hijau dengan kriteria utama.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni berharap ke depannya Kantor Kemenko 1 dapat menjadi tempat yang nyaman bagi ASN untuk bekerja. “Insya Allah kantor ini akan menjadi kantor Kementerian yang nyaman dan produktif untuk bekerja,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Wamen ATR/Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.