Menhan Buka Suara Soal Isu Mafia Alutsista

0
5

DAELPOS.com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menantang pihak-pihak yang mengaku mengetahui keberadaan mafia alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk buka-bukaan.

Melalui juru bicara Kementerian Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak ia meminta agar pihak yang mengetahui keberadaan mafia alutsista tersebut melapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau kepolisian.

“Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat berterima kasih bila Bu Connie menyebutkan dan membuka saja siapa mafia yang dia sebut berinisial Mister M, bila perlu laporkan tindakan yang bersangkutan ke KPK atau kepolisian,” ujar Dahnil dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/5).

Dugaan adanya mafia alutsista berinisial “Mister M” diungkap oleh pengamat militer Connie Rahakundini dalam sebuah acara diskusi online yang juga tersebar di sejumlah channel Youtube.

Connie mengatakan, ada mafia dalam pengadaan alutsista. Ia juga menyebut Mr M sebagai salah satu sosok mafia tersebut.

Menurut Dahnil, langkah melaporkan ke KPK atau Kepolisian adalah yang paling tepat ketimbang sekadar menjadi rumor atau bahkan fitnah.

“Termasuk yang disebutkannya ada industri pertahanan bayangan,” kata Dahnil.

Dahnil bahkan mendorong agar Connie membeberkan saja siapa orang-orang yang dimaksud. Termasuk nama-nama jenderal yang turut diduga bermain.

“Kasihan banyak jenderal yang baik-baik di Kemhan dan TNI yang menginginkan perubahan mendasar dan menguatkan pertahanan RI menjadi lebih baik namun menjadi korban tuduhan dan rumor yang disampaikan oleh Bu Connie,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, pengamat pertahanan Connie Rahakundini mengatakan, mengungkap mafia bukanlah ranah dirinya tapi merupakan ranah Kemhan dan KPK.

“Menjadi tugas Kemhan bersama sama KPK dan aparat terkait untuk menggunakan seluruh perangkat yang dimiliki untuk membuka siapa saja Mr. M dimaksud. Sekali lagi ya pak, membuka siapa saja bukan tugas akademisi intelektual, saya gak punya perangkat itu,” kata Connie menjawab pernyataan Dahnil, Senin (10/5).

Connie mengembalikan lagi perihal ini kepada KPK agar benar-benar terungkap dan terhentikan.

Sebelumnya, dalam video Instagram pribadinya, Connie juga mengatakan bahwa terkait beredarnya Mr M atau mafia dalam upaya modernisasi alutsista dan atau MRO diakui keberadaannya juga oleh para tokoh antara lain anggota DPR RI Komisi I Bapak M. Farhan, Mantan KaBAIS Bapak S. Ponto dan Deputi V KSP.

Isu terkait modernisasi alutsista kembali mengemuka setelah terjadi tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 beberapa waktu lalu yang membuat seluruh awak kapalnya gugur dalam tugas latihan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here