Ini Dia Es Tape Ketan khas Cirebon

by -19 Views
ES Tape Ketan Khas Cirebon / Ist

DAELPOS.com – Es tape ketan sejatinya adalah sebuah minuman yang terbuat dari tape ketan yang dicampur gula dan es. Tape sendiri merupakan makanan hasil fermentasi singkong maupun beras ketan. Namun tape yang digunakan di es tape ketan Cirebon ini adalah fermentasi beras ketan.

Memang, proses fermentasi beras ketan atau tape ini tidaklah sembarang bisa dilakukan oleh orang, karena nanti hasilnya akan berbeda. Namun tape ketan khas Desa Bakung, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon terkenal sebagai daerah penghasil tape ketan yang manis. Beruntungnya, es tape ketan Cirebon menggunakan tape ketan khas Desa Bakung. Jadi, Sobat Pesona bisa bayangkan sendiri betapa nikmatnya menyantap kuliner ini ketika sedang panas terik.

Selain menyegarkan, aroma khas yang dihasilkan oleh tape ketan dijamin akan membuat Sobat Pesona ingin terus melahapnya, lagi dan lagi.

Jamaknya di dalam segelas es tape ketan Cirebon ini kita akan menemukan sekitar lima bola tape ketan dan rata-rata hanya dibanderol dengan harga kurang dari Rp5.000 per gelas. Murah, kan.

Para pencinta Es Ketan ini bisa di temukan di Jl. KS Tubun. Para pedangan es tape ketan mengaku kebanjiran pesanan ketika bulan puasa menjelang. Banyak warga Cirebon yang rela antre hanya demi mendapatkan es tape ketan untuk dijadikan menu berbuka puasa mereka. Bahkan, salah satu dari pedagang mengaku bahwa jualan mereka sudah ludes terjual sejak jam 15.00 WIB.
(RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.