BPBD DKI: Genangan di Jakarta Sudah Surut Seluruhnya

0
4
foto istimewa

DAELPOS.com – Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, genangan di seluruh wilayah Jakarta telah surut seluruhnya pada Sabtu (8/10) sejak pukul 06.00 WIB.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (6/10) dan Jumat (7/10) menyebabkan beberapa sungai meluap dan genangan di sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta.

“Saat ini genangan sudah surut seluruhnya,” ungkap Isnawa Adji, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta.

Isnawa mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan sejumlah personel yang terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Satgas Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Gulkarmat, Satpol PP dan PPSU Kelurahan untuk menangani genangan dengan melakukan penyedotan air dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

“Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lain,” ujarnya.

Isnawa menyampaikan, penanganan di wilayah Kelurahan Jati Padang telah dilakukan giat kerja bakti oleh TRC BPBD, Dinas SDA, PPSU kelurahan setempat, Satpol PP, dan Dinas Gulkarmat. Sebanyak 400 bungkus makanan siap saji juga dibagikan, selain itu dilakukan pembuatan tanggul sementara oleh pihak Dinas SDA.

“Sampai saat ini masih dilakukan penanganan perbaikan turap kali untuk mengantisipasi air agar tidak masuk ke wilayah pemukiman,” bebernya.

Selain itu, lanjut Isnawa, BPBD DKI Jakarta telah menyiagakan sejumlah sarana dan prasarana pendukung penanganan genangan yang telah didistribusikan pada tiap kelurahan rawan, seperti perahu, jaket pelampung, ring buoys dan lain-lain.

Kemudian, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI, Baznas (Bazis) DKI Jakarta, dan instansi terkait lainnya siap siaga untuk mengerahkan bantuan apabila terdapat pengungsi. Hal ini sebagai bentuk antisipasi dalam penanganan di lokasi genangan.

Isnawa turut memonitor langsung kondisi genangan Jakarta di Ruang Command Center Bencana di Kantor BPBD DKI Jakarta, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan untuk memastikan koordinasi antar instansi berjalan dengan baik, dan genangan dapat segera diatasi agar aktivitas masyarakat tidak terhambat.

“Layanan kedaruratan Jakarta Siaga 112 siap sedia untuk melayani masyarakat yang mengalami keadaan darurat akibat hujan deras yang melanda Jakarta hari ini,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here