Jakarta Tourism Award 2022 Gelar Ajang Penghargaan Bergengsi

0
3

DAELPOS.com – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang inovatif melalui Jakarta Tourism Award 2022 (JTA 2022). Penganugerahan yang dulunya bernama Adhikarya Wisata ini diikuti oleh 334 pelaku usaha dari 31 kategori usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andhika Permata mengatakan, terdapat 143 nominee dari 31 kategori usaha yang dinyatakan lolos penilaian pra-assessmen berupa pengisian portofolio dan administrasi. Kemudian, para nominee tersebut akan melanjutkan tahap penilaian asesmen lapangan berupa wawancara dan kunjungan oleh tim juri JTA 2022 pada tanggal 9 hingga 21 November 2022 mendatang.

“Nanti akan ada 20 orang tim juri yang diturunkan untuk melakukan kunjungan lapangan untuk mengkonfirmasi serta memverifikasi data berdasarkan evaluasi diri yang sebelumnya telah dilakukan. Dari 20 tim juri tersebut akan dipilih dan disaring untuk mewakili pentahelix pariwisata dari kalangan pemerintah, akademisi, media, komunitas, dan pengusaha pariwisata,” ujar Andhika di Jakarta, Selasa (8/11).

Kendati pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang paling berdampak atas pandemi COVID-19, namun tantangan tersebut dapat dilewati oleh para pelaku usaha Parekraf dengan kinerja yang baik, dan inovasi berkelanjutan.

Andhika mengatakan, selain ditetapkan menjadi insan Parekraf yang berkualitas, berbagai manfaat juga akan didapatkan oleh penerima penghargaan JTA 2022, di antaranya adalah maju ke kompetisi tingkat nasional dan internasional. Para penerima penghargaan juga diprioritaskan untuk turut berpartisipasi dalam event Pemprov DKI Jakarta seperti sales mission, tradeshow, exhibition, dan travel fair di level nasional hingga internasional.

“Ajang ini bertujuan untuk membina, memotivasi, dan mengapresiasi para pelaku usaha Parekraf yang berprestasi dan berkelanjutan. Besar harapan kami, melalui ajang para pelaku usaha dapat termotivasi untuk berinovasi memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Jakarta,” imbuh Andhika.

Sebagai informasi, kegiatan ini diketuai oleh Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2014-2019, tim juri JTA 2022 diisi oleh pakar, tokoh, dan sosok yang berpengaruh di Bidang Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan keberagaman latar belakang serta profesionalitas.

Adapun nama-nama tim juri lainnya, antara lain Dr. Asep Parantika, SE., MM., (Master Asesor BNSP), Taufik (Deputy Chairman MarkPlus Inc.), Qodie Ibrahim (Injourney), Vita Datau (Pakar Gastronomi), Ade Putri Paramadita (Culinary Storyteller), Chef Vindex Tengker (Advisor to Association of Culinary Professional Indonesia), Odo R.M. Manuhutu (Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves), Hasiyanna Syarain Ashadi (Pakar Perjalanan Wisata), Dr. Arie Budhiman, M.Si.(Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta 2009-2015).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here